RD Cerita Sulitnya Mengawasi Pemain terkait Makanan
Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan (tengah) (Instagram @MaduraUnited)

Bagikan:

JAKARTA - Postingan di InstaStory Hansamu Yama soal makanan favoritnya menjadi polemik. Banyak yang mengkritisi karena dinilai makanan yang tak sehat untuk seorang atlet. Apalagi Hansamu adalah pemain timnas Indonesia yang jadi sosok anutan.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan mengaku, memang sulit untuk mengatur konsumsi pemain jika sudah berada di luar. Hal ini pernah dirasakannya saat melatih timnas Indonesia. Saat itu, dia dan tim pelatih sudah mengontrol makanan pemain.

"Kami kontrol makanan dan makan bersama pemain dalam TC saat waktu makan pagi, siang, malam. Kalori yg dibutuhkan mencukupi, hanya yg bandel ada," ujar pelatih yang akrab disapa RD tersebut kepada VOI, Rabu, 26 Agustus.

"Mereka ikut makan bersama, tetapi setelah jalan keluar ada yg makan sesuai selera, seperti mie ayam, bakso," tambahnya.

Kala itu, semua cara sudah dilakukan RD untuk mengontrol para pemainnya. Mulai dari memberikan teguran hingga menjatuhkan sanksi denda. Namun, tetap tak bisa menjamin para pemain untuk tidak melakukannya lagi.

"Hotel di bawahnya ada kantin karyawan. Jadi repot juga. Mereka ke bawah saja sudah enggak jauh-jauh dapat makanan seperti itu," tuturnya.

Seperti diketahui, Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong menerapkan aturan yang ketat soal makanan yang dikonsumsi pemain. Bahkan kabar yang beredar, Shin sudah menerapkan sanksi denda dengan nominal uang bervariasi jika ada pemain yang ketahuan merokok, minum beralkohol, berkelakuan buruk dan lain-lain.