3 Hari Usai Singapura Dihantam Indonesia di Semifinal Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida Mundur 
Tatsuma Yoshida (Twitter @FASingapore)

Bagikan:

JAKARTA - Kekalahan Singapura dari timnas Indonesia di babak semifinal Piala AFF 2020 berdampak serius pada karier sang pelatih, Tatsuma Yoshida.

Selasa, 28 Desember atau tiga hari usai laga semifinal, Yoshida resmi menyampaikan pengunduran dirinya dari kursi kepelatihan Singapura.

Dikutip dari ESPN Asia, Yoshida memutuskan untuk mundur dari jabatan pelatih meski kontraknya dengan Federasi Sepak Bola Singapura (FAS) masih berlaku hingga Desember 2022.

Pengumuman mundurnya Yoshida disampaikan oleh FAS setelah melangsungkan pertemuan antara skuat timnas Singapura dengan Menteri Budaya, Komunitas dan Pemuda Singapura, Edwin Tong, Selasa.

Dari pertemuan itu diketahui alasan kuat Yoshida mundur karena ia ingin lebih dekat lagi dengan keluarganya di Jepang.

Terlepas dari alasan Yoshida, beredar juga kabar bahwa sang pelatih akan kembali melanjutkan kariernya di Jepang. Sebab, tim kasta kedua Liga Jepang, Ventforet Kofu ingin kembali merekrut Yoshida setelah pada 2017 sempat menggunakan jasanya.

Selama menjabat sebagai juru racik tim Singapura, Yoshida menjadi pelatih pertama yang mampu membawa negara ini lolos ke semifinal Piala AFF sejak 2012. Catatan Yoshida bersama The Lions adalah 5 kali menang, 4 imbang, dan 10 kali kalah.