Cedera 8 Bulan, Penjaga Gawang Thailand Absen di Final Piala AFF 2020
Penjaga gawang Thailnad Chatchai Budprom (Twitter @suzukiaffcup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada leg pertama  final Piala AFF 2020 pada Rabu, 29 Desember. Jelang laga penting ini, kabar kurang baik menghampiri The War Elephants.

Hal ini terkait keadaan penjaga gawang andalan mereka, Chatchai Budprom yang dipastikan bakal absen. Budprom tidak bisa membantu perjuangan Thailand lantaran mengalami cedera serius.

Dikutip dari Siamsport, Budprom terpaksa absen karena mengalami cedera saat lawan Vietnam di leg kedua semifinal Piala AFF pada Minggu, 26 Desember. Cedera yang dialami Budprom terjadi saat babak pertama.

Penjaga gawang 34 tahun itu mengalami cedera setelah keluar dari gawang demi membuang bola yang jadi peluang emas Vietnam pada menit ke-31. Setelah sapu bersih sukses dilakukan, Budprom justru tergeletak di lapangan sambil memegangi lutut kirinya.

Akibat cedera ini, Budprom sampai harus ditandu keluar lapangan. Posisi kosong penjaga gawang Pathum United FC itu kemudian digantikan Sirawak Tedsungnoen pada menit ke-33.

Sumber yang sama juga mengabarkan kondisi Budprom pasca ditandu keluar lapangan. Berdasarkan keterangan dokter, Budprom mengalami robek pada ligamen anterior cruciatum (ACL) di lutut kiri dan harus menjalani operasi.

Buntut dari tindakan medis tersebut, dokter juga memprediksi bahwa sang penjanga gawang mesti absen cukup lama. Budprom disebut harus absen hingga delapan bulan demi memulihkan kondisinya.

"Setelah operasi, Chatchai Budprom perlu melanjutkan terapi fisik setidaknya selama enam sampai delapan bulan untuk bisa kembali lagi," ujar dokter timnas Thailand Pakapon Israkaisil.

Bagi Thailand sendiri, kehadiran Budprom menjadi salah satu faktor penting meraih kemenangan. Ia menjadi benteng terakhir kekuatan pasukan Gajah Perang.

Selama Thailand tampil dalam kompetisi Piala AFF 2020, Budprom juga menjdi pilihan utama pelatih Alexandre Polking. Ia hanya tercatat absen satu kali saat Thailand tampil pada laga terakhir Grup A melawan Singapura.

Absennya Budprom karena cedera ini jelas jadi kabar buruk untuk Thailand. Tapi di sisi lain, momen ini bisa jadi peluang besar bagi Indonesia untuk bisa tampil lebih menekan dan mencetak banyak gol.

foto : Twitter.com/@Changsuek_TH