Proliga Sudah Tentukan Jadwal Kompetisi Musim 2021
Rapat virtual persiapan Proliga 2021 (Dok. Proliga)

Bagikan:

JAKARTA - Pandemi COVID-19 membuat kompetisi Proliga 2020 resmi dihentikan. Proliga memutuskan untuk menyiapkan kompetisi musik 2021. Dalam rapat pertama persiapan Proliga 2021, telah diputuskan kapan kompetisi akan digelar.

Direktur Proliga, Hanny S. Surkatty mengatakan, kompetisi bola voli Proliga 2021 dijadwalkan berlangsung mulai 31 Januari hingga 28 Februari 2021. Kompetisi akan dipusatkan di Padepokan Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, pada kompetisi nanti hanya dilangsungkan dua pekan babak reguler. Lalu dilanjutkan dengan satu pekan semifinal dan dilanjutkan babak final. 

"Kami tetap memutar Proliga 2021 dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di negara kita," kata Hanny dalam keterangan resminya.

Hal ini, lanjut Hanny, disebabkan wabah covid-19 yang belum berakhir. Namun,  peraturan ini hanya berlaku pada Proliga 2021. Jika kondisi sudah kembali normal, kompetisi Proliga akan berjalan seperti biasa.

"Kalau tanpa penonton buat apa pindah-pindah tempat. Di satu tempat tim jadi hemat, panitia juga jadi lebih hemat. Dan, semua pertandingan disiarkan secara langsung TV nasional dan live streaming," tambah Hanny.

Regulasi baru juga ditetapkan Proliga. Nantinya, setiap tim hanya diperkenankan menggunakan maksimal satu pemain asing. Sedangkan pemain lokal akan ada peraturan batasan gaji dengan beberapa kategori, di antaranya pemain non tim nasional, pemain tim nasional, dan pemain nasional yang bermain di internasional. Menurut Hanny, peraturan baru ini diterapkan agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat.

Berikut ini adalah jadwal lengkap Proliga 2021: 

Putaran pertama: 31 Januari - 7 Februari 2021. 

Putaran kedua: 14-21 Februari 2021.

Semifinal putri: 25 Februari.

Semifinal putra: 26 Februari. 

Final putri: 27  Februari.

Final putra: 28 Februari.