Sejumlah Bintang K-pop ini Suarakan <i>Black Lives Matter</i>
Mark dari grup GOT7 (Twitter @GOT7Official)

Bagikan:

JAKARTA - Kematian George Floyd memunculkan protes dalam tagar BLACKLIVESMATTER. Solidaritas yang membuat masyarakat Amerika Serikat (AS) turun ke jalan untuk meminta keadilan bagi Floyd. Begitu juga dengan mereka yang tinggal di luar Amerika, tagar itu digunakan sebagai bentuk dukungan - tidak terkecuali bagi industri K-pop.

K-pop, industri musik yang banyak mengadopsi gaya musik barat menjadikan industri jauh berkembang hingga saat ini. Artis dan musisi K-pop pun menggunakan suaranya untuk menyebarkan perlawanan terhadap rasisme yang merupakan fokus utama.

Sejumlah penyanyi dan rapper seperti Jay Park, ph-1, Jessi, DEAN, DPR LIVE, CL dan lainnya mengunggah foto yang berkaitan dengan aksi protes serta bukti donasi yang mereka lakukan untuk memorial George Floyd.

"Banyak artis dan orang di dunia yang mendapat inspirasi dari budaya kulit hitam dan musiknya termasuk saya. Kita memiliki tugas untuk menghormati setiap ras."

Crush

Agensi H1GHR Music yang berkutat di musik Hip-Hop dan menaungi GroovyRoom, Ted Park, Woogie, penyanyi RAIN, Jay Park dan lainnya akan berpartisipasi dalam Music Industry Black Out Tuesday. Karena ini, mereka menunda sejumlah perilisan lagu.

Banyaknya idol K-pop yang tumbuh dan berkembang di AS juga mengutarakan kesedihan mereka terhadap ketidakadilan yang diterima Floyd. Tiffany Young dari grup Girls Generation memberitahu penggemar cara menandatangani petisi George Floyd.

Mark Tuan dari grup GOT7 dan Jae dari band DAY6 menunjukkan donasi mereka untuk George Floyd dan mengatakan, “Tetap kuat. Tetap berjaga.”

Begitu juga dengan BM dari KARD, Yeri dari Red Velvet, MOMOLAND, Johnny NCT, Kim Samuel mengunggah foto yang berkaitan dengan BLACK LIVES MATTER dan meminta perubahan serta keadilan. Beberapa dari mereka bahkan menulis bagaimana mereka berkembang dengan black music di dalam hidup mereka.

Tiger JK, rapper kawakan di Korea Selatan bahkan memberikan pembaruan tentang bagaimana media di Korea Selatan memberi kabar terkait George Floyd.

Mereka yang terinspirasi dari black music tentu harus memberikan penghormatan terhadap hal ini. Jazz, R&B, soul, funk, hip hop adalah sebagian black music yang menjadi pengaruh dalam perkembangan musik di Korea Selatan.