Asisten Pintar Google dan Apple Siap Merespon Pertanyaan Soal <i>Black Lives Matter</i>
Ilustrasi asisten pintar Google (Photo by BENCE BOROS on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Konsistensi perusahaan teknologi dalam upayanya memerangi rasisme terus berlanjut. Kini Apple dan Google menambahkan kosa kata, informasi dan pencarian terkait isu rasisme atau 'Black Lives Matter' ke layanan asisten pintar milik mereka.

Seperti dilansir Business Insider, pembaruan asisten pintar pada masing-masing platform ini akan menjelaskan pencarian terkait dengan kata kunci 'Black Lives Matter'. Pemahaman mereka soal isu rasisme juga akan sematkan dalam beberapa versi pembaruan. 

Untuk perangkat asisten pintar Siri, Apple tak hanya mengkampanyekan 'Black Lives Matter' tapi juga menjelaskan kalau semua golongan memiliki hak yang sama. Asisten pintar ini juga akan merespon beragam pertanyaan seputar topik berita terkait. 

Tangkapan layar respon Siri soal Black Lives Matter(Apple)

Demikian halnya dengan Google Assistant, layanan ini juga akan mengolah informasi dan pertanyaan yang disampaikan penggunanya terkait isu rasisme. Pada laman pencarian mesin pencariannya, Google juga sempat menyematkan tanda dukungan kepada semua ras tanpa terkecuali.

"Mengakui ketidakadilan adalah langkah pertama menuju perbaikan, dan merupakan kebebasan yang sama diberikan kepada semua orang di negara ini," ungkap Google Assistant.

Baik Apple maupun Google sepakat untuk memerangi isu rasial. Sebagai tindak nyata dukungannya, Apple dan Google juga membuka penggalangan dana untuk disalurkan ke komunitas masyarakat yang membutuhkan.

Seperti diketahui, aksi protes dan unjuk rasa masih terjadi di Amerika Serikat (AS). Mereka memprotes kebrutalan seorang polisi yang menewaskan warga kulit hitam bernama George Floyd, pada 25 Mei lalu.

Publik dan media sosial bersama-sama mengkampanyekan gerakan 'Black Livess Matter' sebagai bentuk protes. Tak hanya di Amerika, gerakan ini juga meluas ke sejumlah negara.