Upacara Pernikahan 15 Menit Michael Jackson dengan Lisa Marie Presley dalam Sejarah Hari Ini, 26 Mei 1994
Michael Jackson dan Lisa Marie Presley di MTV Video Music Awards (Sumber: Tangkap layar YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Pada 26 Mei 1994, King of Pop, Michael Jackson menikahi anak dari Elvis Presley, Lisa Marie Presley. Pasangan itu menikah dalam upacara yang berlangsung selama 15 menit di La Vega, Republik Dominika.

Mereka berdua mengenakan pakaian serba hitam. Pengantin pria mengenakan jaket bolero, ikat pinggang koboi, dan topi flamenco. Pernikahan diselenggarakan 20 hari setelah Lisa Marie Presley bercerai dengan suami pertamanya, Danny Keough.

Mengutip Biography, Taraborrelli menceritakan Michael merasa pernikahan itu "terasa kosong" tanpa kehadiran sang ibunda, Katherine Jackson. Tetapi di sisi lain Michael percaya pernikahan itu memang harus dirahasiakan. Jika tidak, "pers akan menggagalkannya."

Pernikahan itu akhirnya diketahui publik pada 1 Agustus 1994 lewat sebuah pernyataan yang dikirim ke media. Pernyataan itu ditulis Lisa Marie Presley. Bunyinya:

Nama nikah saya adalah Ny. Lisa Marie Presley-Jackson. Pernikahan saya dengan Michael Jackson berlangsung dalam sebuah upacara pribadi di luar Amerika Serikat beberapa minggu lalu. Saya sangat mencintai Michael, saya mendedikasikan hidup saya untuk menjadi istrinya. Saya mengerti dan mendukungnya. Kami berdua berharap dapat membesarkan keluarga.

Lebih dari sebulan sejak pengumuman tersebut, Michael hadir di MTV Video Music Awards bersama Lisa Marie Presley. “Selamat datang di MTV Video Music Awards,” kata Jackson, dengan Presley di sisinya.

“Saya sangat senang berada di sini. Coba pikirkan, tidak ada yang mengira ini akan bertahan lama." Dan dua pasangan itu menutup pernyataan dengan ciuman yang tak kunjung usai.

Spekulasi pernikahan Jackson-Presley

Pernikahan King of Pop, Michael Jackson dengan Lisa Marie Presley, putri satu-satunya dari King of Rock 'n' Roll Elvis Presley tampak seperti persatuan kerajaan musik yang tidak disengaja dan tidak dibayangkan oleh siapa pun.

Ada banyak spekulasi di balik pernikahan Michael Jackson dan Lisa Marie Presley. Ada spekulasi bahwa Presley tengah hamil saat pernikahan dilangsungkan. Namun hal itu tidak terbukti.

Keduanya bahkan tidak memiliki anak bersama sama sekali. Ada juga pembicaraan bahwa pernikahan itu hanyalah aksi publisitas. Satu hal yang pasti: pasangan itu menikmati menghabiskan waktu bersama.

Teman-teman Michael ataupun Lisa mengakui bahwa keduanya cocok. Bagaimanapun, Michael selalu takut kemungkinan kekasihnya hanya akan mengejar uang dan ketenarannya.

Tetapi yang jelas tidak demikian dengan Lisa, yang merupakan pewaris kekayaan Elvis Presley. Yang lain berspekulasi ini adalah bagian dari plot Jackson karena dia memiliki "ketertarikan pada Elvis" dan ingin menjadi bagian dari dunia Elvis.

Meski demikian pernikahan keduanya pun tidak berlangsung panjang. Lisa mengajukan gugatan cerai pada 18 Januari 1996, dengan alasan "perbedaan yang tidak dapat didamaikan."

“Michael Jackson dan Lisa Marie Presley telah sepakat untuk berpisah. Namun, mereka tetap berteman baik,” kata humasnya kepada pers keesokan harinya. Pasangan itu menyelesaikan perceraian mereka pada 20 Agustus 1996.

Pernikahan lain

Michael kemudian menikahi perawat bernama Debbie Rowe pada 14 November 1996. Dari pernikahan itu mereka memiliki tiga anak: Prince, Paris dan Blanket.

Michael dan Rowe kemudian bercerai pada 8 Oktober 1999. Michael meninggal di usia 50 pada 25 Juni 2009 karena serangan jantung yang disebabkan overdosis propofol yang diberikan dokter pribadinya, Conrad Murray.

Sementara, Lisa Marie menikah dengan Nicolas Cage pada 10 Agustus 2002. Namun keduanya bercerai setelah 107 hari pernikahan.

Lisa Marie kemudian menikah dengan gitarisnya, Michael Lockwood, pada 22 Januari 2006 dan memiliki anak kembar Harper dan Finley dua tahun kemudian. Dia mengajukan gugatan cerai dari Lockwood pada 13 Juni 2016. 

*Baca Informasi lain soal MUSIK atau baca tulisan menarik lain dari Putri Ainur Islam.