Lahirnya <i>'King of Pop'</i> Michael Jackson
Michael Jackson (Sumber: Commons Wikimedia)

Bagikan:

JAKARTA - Sejak usia dini, ia tampil bersama empat saudara laki-lakinya dalam sebuah grup bergenre pop. Grup tersebut mencetak lagu tunggal pertamanya pada 1969, dengan judul I Want You Back. Pada usia 11, ia muncul di TV. Di usia 14, dia berhasil merilis album solo pertamanya. Dia adalah Michael Jackson. Jika masih hidup, hari ini sang raja seharusnya berusia 62 tahun.

Melansir History, pada 1976 keluarga Michael Jackson --termasuk saudara perempuannya Janet Jackson-- meluncurkan acara ragam TV berjudul The Jacksons yang ditayangkan selama satu musim. Sepanjang 70-an, perhatian media terfokus pada Michael Jackson, vokalnya yang begitu khas dengan suaranya yang tinggi saat membawakan lagu ABC, I’ll Be There, dan banyak lagu top lainnya.

Michael Jackson merilis beberapa album solo pada 70-an. Tetapi terobosan besarnya datang pada 1979 dengan Off the Wall. Ia menjadi penyanyi solo pertama yang mencetak empat hit top 10 dari satu album, termasuk She’s Out of My Life dan Rock with You. Album berikutnya, Thriller (1983), menjadi album dengan penjualan terbesar hingga terjual sebanyak 45 juta kopi di seluruh dunia.

Saat itu, Michael mencetak tujuh lagu tunggal top 10 dan albumnya memenangkan delapan penghargaan dari Grammy Award. Meskipun album berikutnya, Bad (1987) tidak terjual sebanyak Thriller, namun album tersebut masih menjadi best seller yang luar biasa. Pada 1991, Michael Jackson menandatangani kontrak rekaman senilai 65 juta dolar AS dengan Sony. Tahun itu, dia merilis Dangerous.

Hidup tak selalu mulus

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Michael tidak benar-benar mendapatkan momentum atau ambisinya setelah hasil yang tidak begitu memuaskan dari Bad. Dia akhirnya meninggalkan rumah keluarganya di Encino dan membangun benteng pertahanannya sendiri yang dikenal sebagai Neverland. Rumah itu berisi taman hiburan dan wahana kereta api seperti halnya Disneyland. Michael juga menjalani operasi pengencangan wajah dan operasi hidung.

Ia juga dikabarkan mengubah warna kulitnya melalui perawatan kimia, meskipun dia mengklaim bahwa kulit pucatnya disebabkan oleh penyakit kulit. Melansir Rolling Stone, Neverland seakan dunia bagi Michael atau setidaknya bagian dari dunia yang dia pedulikan. Sebagian dari dirinya ingin mengalami dan berbagi masa kecil yang ayah dan kariernya telah rampas, begitulah yang dia rasakan. 

Meski demikian, kesukaan Michael Jackson ditemani anak-anak menciptakan masalah yang paling disesalkan dalam hidupnya. Pada 1993, sebuah kasus menyangkut Michael Jackson. Ia dituduh menganiaya seorang anak laki-laki berusia 13 tahun yang sering bersama dengannya. Kasus ini tidak menjadi pembicaraan di koran tabloid tetapi juga beberapa media arus utama.

Tidak ada tuntutan pidana yang diajukan. Tetapi, pada 1994, Michael Jackson menyelesaikan masalah tersebut di luar pengadilan. Menurut banyak orang, cara tersebut merupakan pengakuan diam-diamnya atas tuduhan tersebut.

Pada 1994, Michael juga menikahi Lisa Marie Presley, anak dari penyanyi legendaris Elvis Presley. Namun pernikahan mereka hanya bertahan selama 18 bulan. Michael Jackson lalu menikahi Deborah Rowe pada 1996, memiliki dua anak dari pernikahan tersebut yaitu Prince dan Paris, sebelum akhirnya bercerai pada 1999.

Pada 13 Juni 2005, Michael Jackson kembali tersangkut kasus yang melibatkan kali ini. Ia dituduh atas tuduhan pelecehan terhadap seorang anak laki-laki bernama Gavin Arvizo. Jackson lalu dibebaskan dari semua dakwaan tersebut, tetapi kerusakan telah terjadi di mana-mana. Ia keluar dari ruang sidang sebagai seorang pria yang lesu dan terguncang. Keuangannya juga menurun drastis, dia telah menghabiskan sejumlah uang dan salah mengelola uangnya. 

Setelah kasus pelecehan seksual tersebut, Michael Jackson meninggalkan AS dan pindah ke Bahrain. Dia hanya terlihat atau terdengar sesekali. Tidak ada yang tahu apakah dia kembali berjaya atau dapat melestarikan warisan musiknya yang cukup besar. Sampai awal 2009, Michael Jackson mengumumkan rangkaian 50 konser yang sangat ambisius dan menyebutnya sebagai penutupan kariernya. 

Di tengah proyek konsernya tersebut, Michael Jackson meninggal dunia pada 25 Juni 2009, di Los Angeles, California. Ia meninggal dunia hanya beberapa minggu sebelum tur konser dimulai. Michael Jackson meninggal dunia di usia 50 tahun.