Bagikan:

JAKARTA - Enggan diam di zona nyaman, Isyana Sarasvati terus menampilkan apa yang ia pikirkan dalam bermusik. Sesuai jargon yang sering ia lontarkan jika musik jadi caranya berkomunikasi, semakin lama topik 'obrolan' itu pun makin terasa kompleks.

Isyana pemanasan dengan lagu-lagu ballad, pop RnB hingga orkestra. Lalu bebunyian klasik dan seriosa semakin kental, hingga gebrakan musik progresif menderu deras. Isyana seperti ingin mendobrak batas.

Tahun 2023, Isyana menyuguhkan album keempat dengan titel 'Isyana'. Bisa jadi, inilah jati diri bermusik Isyana Sarasvati saat ini, dengan semua kerumitan dan keindahan di dalamnya.

Unlock the Key dan Il Sogno jadi dua trek yang menggambarkan beringasnya album self-titled ini. Mungkin tak semua bisa dengan mudah menikmati, tapi hasrat sang musisi untuk berekspresi semakin minim rambu-rambu, lantaran Isyana mendirikan labelnya sendiri, Red Rose Records.

Di antara beberapa penikmat kedua lagu di atas, adalah kaum para gamers. Mereka yang biasa mendengarkan scoring gim petualangan atau RPG, memfantasikan lagu Isyana sebagai latar belakang yang cocok.

Kunto Aji termasuk yang percaya, jika lagu-lagu Isyana belakangan ini punya vibe menghadapi boss di sebuah permainan. Suasana intens dengan berbagai ledakan instrumen yang datang silih berganti, memberi keseruan tersendiri saat mendengarnya.

"Nah kan! di kepalaku lagu2 isyana kaya Unlock the key, il sogno, under god’s plan itu udah kaya lagu boss fight. Siapa tau ada temen-temen developer game disini yang bikin game rpg dungeon crawler atau apapun itu dan tertarik, sikat!" tulis Kunto Aji menyertakan cuplikan percakapannya dengan Isyana.

Para pengguna X sepakat dengan pernyataan Kunto, dan mengungkap relasi lagu Isyana sebagai latar belakang gim petualangan yang menantang adrenalin. Fantasi mereka terhadap Unlock the Key dan beberapa lagu lain divalidasi oleh sang penyanyi dan penulis lagu.

"Oh jadi ini kenapa aku suka denger Unlock the Key sama Il Sogno  krn emg kayak lagu game wkwk," kata salah satu pengguna X. "Lagu-lagu Isyana nuansanya berasa seperti lagu One Winged Angel yang jadi theme song Sephiroth di FFVII, cocok untuk lagu boss fight," sahut lainnya.