Bagikan:

JAKARTA - Nama Raditya Dika dikenal publik sebagai komika dan karya-karyanya di dunia perfilman, namun dunia musik juga dekat dengannya, bahkan sejak masih anak-anak dan belum menjadi figur publik.

Di kanal YouTube Dewa Budjana, pria yang akrab disapa Radit itu mengaku sudah kursus gitar klasik sejak kecil. Dia juga pernah mendapat kursus gitar secara privat dan mengajar ketika masih berkuliah di Adelaide, Australia.

“Dulu tuh aku pas kuliah di Australia belajar jazz sama guru les gitar di sana. Lalu manggung lah di suatu tempat, terus ada orang Hong Kong ngeliat aku, pikirnya dia ada nih orang indonesia bagus main gitarnya, terus dia minta diajarin gitar sama aku,” kenang Raditya Dika, mengutip kanal YouTube Dewa Budjana, Jumat, 13 September.

Jadi, aku les sama orang Australia, dapat partitur dari gurunya, nah itu aku jadiin materi buat ngajar dia (orang Hong Kong),” lanjutnya.

Namun, Radit memutuskan untuk menjauhkan diri dari musik. Bahkan, ia menjual seluruh gitar dan barang lain yang berkaitan.

“Di tahun 2019, aku ada sampai di fase dimana aku mutusin berhenti karena udah nggak megang gitar lagi dan nggak pernah belajar lagi,” katanya.

“Selain ada kesibukan lain yang makin tinggi, aku ngerasa mainnya nggak bagus-bagus gitu, bikin lagu juga gitu-gitu doang. Yaudah akhirnya aku nyerah,” imbuhnya.

Namun, empat bulan lalu, sekolah tempat anaknya belajar, membuat sebuah proyek dimana para orang tua membuat band dan tampil di sekolah. Radit yang berpikir hanya untuk iseng-iseng, akhirnya pun bersedia ikut serta.

Akhirnya, pria 39 tahun itu kembali bermusik di atas panggung, meski bukan sebagai profesional.

“Di situ aku mau ngeliat anakku itu ngeliat bapaknya ada di panggung. Supaya mereka ngerasa ‘oh bapak gua aja naik, gua juga mau ah, kalau ada kesempatan’,” tuturnya.

Sejak penampilan di sekolah anaknya, Raditya Dika mulai menumbuhkan kembali gairahnya terhadap musik. Dia kembali membeli gitar dan perlengkapannya. Maka dari itu, tidak heran jika kita melihat sang komika memainkan cover lagu di akun media sosialnya belakangan ini.