Bagikan:

JAKARTA - Kibordis The Cure, Roger O’Donnell melalui akun X miliknya, bicara terbuka terkait kanker darah yang dideritanya. Dia membagikan kisahnya dalam rangka memperingati Bulan Kesadaran Kanker Darah di Inggris.

Kibordis 68 tahun itu mengaku abai ketika berbagai gejala mulai dirasakan selama berbulan-bulan. Kelalaiannya itu mengakibatkan kanker darah tak terhindari.

“September adalah Bulan Kesadaran Kanker Darah, jadi ini adalah kesempatan yang baik untuk berdialog tentang penyakit ini. Pada bulan September tahun lalu, saya didiagnosis dengan limfoma yang sangat langka dan agresif. Saya mengabaikan gejalanya selama beberapa bulan,” tulis Roger O’Donnell melalui X, Senin, 2 Agustus.

O’Donnell pun harus menjalani perawatan selama sebelas bulan terakhir di bawah penanganan para spesialis dan dengan pendapat kedua serta saran dari tim yang telah mengembangkan obat untuk diberikan kepadanya.

“Saya mendapatkan manfaat dari imunoterapi fiksi ilmiah terbaru dan beberapa obat yang pertama kali digunakan 100 tahun yang lalu. Fase terakhir perawatan adalah radioterapi yang juga merupakan salah satu perawatan pertama yang dikembangkan untuk melawan kanker. Saya baik-baik saja dan prognosisnya luar biasa,” katanya.

O’Donnell pun mencoba mengajak orang-orang untuk mau berjuang melawan kanker, dengan mengidentifikasinya sedini mungkin.

“Anda memiliki peluang yang jauh lebih baik, jadi yang harus saya katakan adalah, LAKUKAN TES, jika Anda memiliki sedikit pun dugaan bahwa Anda mungkin memiliki gejala, pergilah dan periksakan diri,” katanya.

“Jika Anda mengenal seseorang yang sakit atau menderita, bicaralah kepada mereka, setiap kata dapat membantu. Saya juga ingin berterima kasih kepada dokter saya, semua bintang rock, semua perawat dan teknisi, teman-teman, keluarga, dan Mimi. Terkadang lebih sulit untuk berada di sisi lain dari ini.”