Sehat Bugar, 5 Foto Terbaru Ari Lasso Sembuh dari Kanker dan Copot Chemo Port
Ari Lasso (Foto: @ari_lasso)

Bagikan:

JAKARTA - Ari Lasso mengumumkan kabar gembira, dia sudah selesai melakukan kemoterapi sakit kanker yang diidapnya. September 2021 lalu, Ari mengumumkan sakit kanker. Kepada Deddy Corbuzier, Ari mengungkapkan perjuangannya melawan kanker.

"Jadi gue kena kanker yang sangat langka di bagian limpa. Gue menjalani operasi untuk mengangkat organ itu beserta massa dari kankernya. Totally. Ini limpa, tumornya dua kali lipat, gede banget," tutur Ari Lasso dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Rabu, 8 September 2021.

Ari Lasso menyebutkan kanker itu menyerang dengan ganas dan langka, kanker di tubuhnya berbeda dari kebanyakan kasus. "Orang biasanya terkena limfoma, getah beningnya benjol-benjol, dia akan sering pingsan, anemia kemudian menimbulkan kerusakan limpa. Kalau gue, kebalik. Limpanya yang dihinggapi kanker," ujarnya.

"Ini adalah kasus 2 di antara 4.000 limfoma. Jadi kayaknya bakal dibikin jurnal," tambah Ari.

Untuk sembuh, Ari harus melalui kemoterapi secara teratur. Kini, dia telah melepad chemo port sebagai pertanda 'kelulusan' dari kemoterapi.

"Dengan selesainya 'operasi kecil' pencopotan chemo port barusan, maka berakhir sudah rangkaian panjang pengobatan selama ini. Hanya bisa BERSYUKUR padaNYA utk ANUGERAH ini. Doa saya semua selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Amin," tulis Ari Lasso.

Chemo port adalah alat bantu untuk pasien kanker yang menjalani perawatan kemoterapi. Chemoport berupa sebuah lubang kecil yang terhubung dengan pembuluh darah besar. Biasanya digunakan ketika banyak melibatkan pengambilan darah.

Chemo port adalah lempengan atau wadah kecil yang terbuat dari plastik atau logam dengan segel karet di bagian atas. Tabung tipis, lembut, fleksibel, yang disebut kateter, mengalir dari lempengan chemoport ini. Posisinya menghadap keluar tubuh dan terhubung langsung ke pembuluh vena besar.

Port kemo biasanya dimasukkan tepat di bawah tulang selangka atau lengan atas. Ukurannya kira-kira beberapa sentimeter sehingga menciptakan tonjolan kecil di bawah kulit Anda yang dapat ditutupi pakaian.

Obat kemoterapi, cairan, atau obat lain dapat diberikan langsung melalui port ini. Caranya dengan menggunakan jarum khusus yang masuk ke titik akses dalam port. Cairan atau obat mengalir langsung melalui kateter dan menuju pembuluh vena besar. Darah juga bisa diambil dengan cara ini.

Setelah sembuh, Ari Lasso nampak makin segar dan bugar. Rambutnya kembali tumbuh dan bisa beraktivitas kembali.

"Tertawa bisa menimbulkan rasa senang yg mengalirkan hormon pemicu kebahagiaan," tulis Ari Lasso.

Selain menyanyi, Ari Lasso bahkan menikmati waktu senggangnya untuk nonton bola. Dia menyebut kesempatan nonton bola adalah sebuah keajaiban.

"Buat saya ini bukan sekedar nonton bola, bahkan bukan tentang nonton Liverpool, apalagi soal kalah menang. Buat saya ini adalah ANUGERAH adalah RASA SYUKUR tak terhingga diberi KESEMPATAN olehNYA, setelah skian bulan terbaring sakit. It's a miracle," tulisnya.