Limpa Ari Lasso Diangkat karena Kanker, Ini Dampaknya
Ari Lasso (Foto: YT Deddy Corbuzier)

Bagikan:

JAKARTA - Ari Lasso buka suara tentang penyakit yang membuatnya dirawat di rumah sakit. Bukan sakit punggung, ternyata Ari sakit kanker. Kepada Deddy Corbuzier, Ari mengungkapkan perjuangannya melawan kanker.

"Jadi gue kena kanker yang sangat langka di bagian limpa. Gue menjalani operasi untuk mengangkat organ itu beserta massa dari kankernya. Totally. Ini limpa, tumornya dua kali lipat, gede banget," tutur Ari Lasso dikutip dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Rabu, 8 September.

Ari Lasso menyebutkan kanker itu menyerang dengan ganas dan langka, kanker di tubuhnya berbeda dari kebanyakan kasus.

"Orang biasanya terkena limfoma, getah beningnya benjol-benjol, dia akan sering pingsan, anemia kemudian menimbulkan kerusakan limpa. Kalau gue, kebalik. Limpanya yang dihinggapi kanker," ujarnya.

"Ini adalah kasus 2 di antara 4.000 limfoma. Jadi kayaknya bakal dibikin jurnal," tambah Ari.

Kabar baiknya, meski limpanya diangkat, penyakitnya termasuk bisa disembuhkan. "Bersyukur, kanker gue itu namanya DLBCL (Diffuse large B-cell lymphoma) pokoknya kanker jenis B-cell yang mana bisa disembuhkan," terangnya.

Dikutip dari alodok, limpa berfungsi untuk menyaring sel darah merah yang rusak serta memelihara dan menjaga sistem imunitas tubuh. Bila fungsi limpa terganggu, maka tubuh akan rentan terserang penyakit.

Karena Limpa diangkat, maka Ari Lasso harus mencari sumber imunitas lainnya. "Digantikan hati, kelenjar getah bening serta vitamin dan vaksin."

Bagaimana dampaknya? "Tentunya gue tidak akan sekuat dulu lagi. Kalau orang flu tiga hari, gue bisa 10 hari," terang Ari Lasso.