Bagikan:

JAKARTA - Arash Buana bersiap untuk meluncurkan album penuh keduanya yang bertajuk “life update”. Album ini bermaterikan 11 lagu yang sudah mulai digarap sejak tahun 2022.

Berbeda dari album “logic mess” (2022) yang disebutnya lebih gelap, penyanyi-penulis lagu 21 tahun itu mengaku lebih puas dengan penggarapan di album baru.

“Kali ini aku lebih berani, mulai dari penulisan lirik, topik yang aku pilih, dan juga lebih puas atas apa yang udah aku buat,” kata Arash Buana saat ditemui di Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat, 30 Agustus.

Arash tidak bisa menggambarkan dengan mendetail soal materi di album barunya, namun kisah personal yang digambarkan di sebelas lagu tersebut merupakan refleksi dirinya yang sudah menginjak usia 21 tahun.

“Album ini benang merahnya mungkin konklusi dari umur aku yang sekarang. Ya ini sebagai bookmark (penanda) aja, kayak ‘Oke, aku di usia segini, seperti ini’,” tuturnya.

Meski lirik lagunya memuat kisah pribadi, Arash tidak berkeberatan jika lagu-lagunya dimaknai lain oleh pendengar. Yang terpenting baginya adalah karyanya bisa menghibur pendengar.

“Kalau interpretasi orang nggak ada masalah, selama tujuanku tercapai, yaitu lagunya bisa menghibur. Dan selama lagunya nggak menyinggung, aku nggak ada masalah sama interpretasi mereka,” ucap Arash.

Adapun, penggarapan lagu-lagu di album life update sudah dimulai sejak tahun 2022. Arash mengaku banyak diinspirasi dari musisi dan grup favoritnya seperti 1975, LANY, hingga John Mayer.

Sebelas lagu dalam album ini juga ditulis dengan bahasa Inggris, serupa dengan lagu-lagu yang pernah ia tulis sebelumnya.

Bukan tanpa alasan, Arash merasa kemampuannya menulis lirik terbatas hanya dengan menggunakan bahasa Inggris, meski ia tidak menutup untuk menantang dirinya sendiri menulis menggunakan bahasa Indonesia di masa depan.

“Alasan aku nggak nulis pakai bahasa Indonesia sebenarnya untuk menutupi kekuranganku. Ya mudah-mudahan kedepannya bisa bikin lagu bahasa Indonesia,” ujarnya.

Berikut daftar lagu di album life update dari Arash Buana:

start

feels good to be loved (I think)

i really do love her <3

friends

i’m at tour rn

hey, i’m tired

take me home

tavoryn

al

everything’s okay

life update