Bagikan:

JAKARTA - Setelah menggelar hearing session pekan lalu, Arash Buana akhirnya resmi merilis album kedua dengan tajuk “life update” hari ini, Jumat, 6 Agustus.

Penyanyi-penulis lagu 21 tahun itu menghadirkan 11 lagu di album barunya, dengan “Hey I’m Tired” sebagai track utama.

Arash mengakui penulisan lagu “Hey, I’m Tired” cukup mengesankan. Meski sempat meninggalkan proses produksinya selama empat bulan, ia justru yakin peluncuran album kedua adalah momen yang tepat untuk berbagi cerita.

“Ternyata memang salah satu track terbaik yang pernah gue buat selama gue berkarier di musik. Lagu ini tentang cewek gue. Tapi fun fact-nya adalah gue bikin lagu ini sebelum jadian sama dia,” kata Arash Buana dalam keterangannya, Jumat.

“Jadi kayak the stories inside of the song itu fiktif. Akhirnya gue pacaran sama dia dan surprisingly apa yang dituliskan di lagu terjadi di kehidupan gue sekarang,” lanjutnya.

Pengalaman jadi fondasi dasar Arash dalam menggarap materi di album barunya. Dia juga merasa puas dengan proses yang dilalui selama penggarapan album.

“Satu hal yang pasti, yang gue tau adalah dari pemilihan track list-nya memang gue sebagai manusia aja,” ujqr Arash.

Bukan sekadar karya musik, Arash menyebut pembuatan album “life update” adalah caranya berefleksi untuk mencari tahu tentang dirinya sendiri.

Terkait penggunaan aransemen di album ini, Arash mengaplikasikan metode low frequency. Ia merasa eksplorasi bermusik yang dilakukan memang berbeda dengan sebelumnya. Saat ini, Arash lebih menghargai hasil karyanya sendiri dan memiliki ‘senses of belonging’ terhadap apa yang dihasilkan.

Sementara, lirik lagu yang dituliskan Arash mudah dicerna dengan target pendengar untuk semua kalangan. Dia merasa perilisan album ini momentum yang berharga dan berharap lagu-lagu di dalamnya bisa menemani segala momen kehidupan para pendengar.

“Penulisan gue kali ini sangat sentimental dan sangat mengarah ke sisi psikologis yang kuat. Banyak omongan tentang trauma, pengalaman pahit di awal karier, dan penerimaan. Selama ini, gue selalu merasa gue harus melakukan apa untuk orang, bukan untuk gue. Untuk pertama kalinya di hidup gue, setelah gue bisa berdamai dengan situasi dan gue siapa, di album ini gue merasa lega dan sangat bangga dengan gue sendiri yang bisa menuliskan lagu-lagu ini,” tandasnya.