Bagikan:

JAKARTA - Pengumuman reuni Oasis mendapat sambutan hangat dari para penggemar, tidak terkecuali bagi musisi-musisi Indonesia yang mengagumi Noel dan Liam Gallagher.

Dari unggahan Instagram Oasis terkait reuni dan konser tur tahun depan, terlihat beberapa musisi Indonesia merespons dengan memberikan like, seperti Giring Ganesha (eks Nidji), Bimbim (Slank), Pandu Fuzztoni (MORFEM), Indra Sinaga (Ada Band), Marcello Tahitoe alias Ello, hingga David Bayu.

Beberapa musisi muda Indonesia, yang lahir setelah debut Oasis di tahun 1991, juga ikut memberikan like, seperti Iqbaal Ramadhan, Mikha Angelo, Bilal Indrajaya, hingga Mezzaluna.

Reuni Oasis tahun depan merupakan mimpi yang menjadi kenyataan untuk para penggemar. Selama bertahun-tahun, rumor reuni Noel dan Liam selalu bermunculan.

Adapun, Oasis telah mengumumkan 14 pertunjukan di 5 titik untuk konser tur tahun depan. Sejauh ini, ikon britpop itu dipastikan berkeliling di Inggris dan Irlandia.

Atas rumor yang menyebut Noel dan Liam akan tampil bersama di panggung festival musik, Oasis telah membantahnya dengan tegas.

“Meskipun ada spekulasi media, Oasis tidak akan tampil di Glastonbury 2025 atau festival lainnya tahun depan,” bunyi pernyataan Oasis dalam unggahan Instagram, Rabu, 28 Agustus.

“Satu-satunya cara untuk melihat band ini tampil adalah melalui Tur Dunia Oasis Live '25 mereka,” sambungnya.

Berikut jadwal konser tur Oasis di tahun 2025 sejauh ini:

Cardiff Principality Stadium – 4 dan 5 Juli

Manchester Heaton Park – 11, 12, 19, dan 20 Juli

London Wembley Stadium – 25, 26 Juli dan 2, 3 Agustus

Edinburgh Scottish Gas Murrayfield Stadium – 8 dan 9 Agustus

Dublin Croke Park – 16 dan 17 Agustus

Sebagai informasi, laporan Birmingham City University yang dimuat The Guardian memperkirakan penjualan tiket untuk 14 pertunjukan Oasis tahun depan akan menghasilkan 400 juta poundsterling atau setara Ro8,2 triliun.

Dari penjualan tiket dan tambahan lain, Noel dan Liam, masing-masing akan mendapat 50 juta poundsterling atau setara Rp1 triliun.

Dr. Matt Grimes selaku Direktur Program studi bisnis musik BA di Birmingham City University mengatakan bahwa Gallagher bersaudara itu dapat melipatgandakan kekayaan bersih mereka hanya dalam beberapa pekan.

"Mereka juga mempertimbangkan untuk pergi ke Eropa, jadi mereka akan menghasilkan lebih banyak lagi," kata Grimes.

Diperkirakan bahwa kemungkinan harga tiket konser Oasis di tahun 2025 akan naik sepuluh kali lipat dari pertunjukan mereka di tahun 1995.

Hal tersebut berarti pemasukan yang didapat Noel dan Liam pada tur tahun depan, lebih besar dari apa yang mereka hasilkan di tahun 1990an.