Bagikan:

JAKARTA - Bernadya jadi salah satu penyanyi-penulis lagu yang dikenal berhasil menggugah pendengarnya lewat lirik. Lagu-lagunya terasa dekat dengan pengalaman banyak orang.

Di balik kemampuannya dalam menulis lirik lagu, pelantun “Apa Mungkin” itu mengaku kerap mendapat banyak inspirasi saat membaca buku.

“Aku lebih gampang (mendapat inspirasi dari) membaca. Karena jujur aja banyak sekali bahasa-bahasa yang baru terpikirkan waktu aku baca-baca buku kayak puisi atau cerpen,” ungkap Bernadya saat ditemui di Ampera, Jakarta Selatan pada Selasa, 20 Agustus.

Menurutnya, membaca buku banyak membantu menambah perbendaharaan kata sebagai dasar dalam menulis lirik lagu.

“Jadi, secara penulisan lebih terbantu dengan membaca buku,” ujarnya.

Selain itu, menonton film juga banyak memberikan ide dalam menulis lirik lagu. “Tapi kalau nonton film, itu lebih membantu dari segi ide cerita,” katanya.

Sejauh ini, Bernadya menikmati bagaimana caranya menulis lirik. Namun tidak dipungkiri, beberapa hambatan dalam memilih gaya penulisan kerap ditemui.

“Terkadang aku butuh banyak waktu untuk mencari alternatifnya, agar aku bisa ngomongin ini tapi dengan cara yang lebih estetik,” tutur Bernadya.

Bicara lebih jauh mengenai kisah yang dihadirkan dalam lirik lagu-lagunya, Bernadya mengakui sebagian inspirasi berasal dari kisah personal.

“Itu kombinasi, ada dari pengalaman pribadi, ada yang nggak. Jadi dalam satu lagu bisa 50 persen pengalaman pribadi, atau bisa 90 - 10, jadi ya gitu lah, macam-macam. Intinya ada yang dari pengalaman pribadi, tapi nggak semua,” tandasnya.