National Recording Registry, Cara Amerika Mengapresiasi Musik Bersejarah dan Berestetika
Kermit the Frog (tangkapan layar video)

Bagikan:

JAKARTA - Cara Amerika Serikat mengapresiasi dunia hiburan tidak hanya ditandai dengan National Film Registry. Namun, ada juga National Recording Registry yang menggunakan konsep sama.

Pada Rabu, 24 Maret, National Recording Registry mengumumkan 25 lagu yang masuk ke dalam daftar ini. Menurut Carla Hayden sebagai salah satu anggota Library of Congress, lagu-lagu yang dipilih merupakan warisan budaya.

“National Recording Registry akan melestarikan sejarah kita melalui musik dan suara yang mencerminkan kehidupan dan membentuk budaya kita selama 143 tahun terakhir,” kata Hayden.

Seluruh karya suara yang terpilih dinilai memiliki sejarah, budaya, dan estetika yang signifikan serta tidak lekang oleh waktu.

25 Lagu Terpilih

Ada 25 lagu terpilih yang masuk ke dalam National Recording Registry 2020 di antaranya The Rainbow Connection dari Kermit The Frog, Nikolina dari Hjalmar Peterson, Celebration dari Kool & The Gang.

Selain lagu, ada beberapa album yang juga terdaftar yakni Janet Jackson’s Rhythm Nation 1814 milik Janet Jackson dan Illmatic oleh Nas yang baru mendapat penghargaan Grammy pertamanya pada tahun ini.

Karya-karya suara itu merupakan hasil seleksi dari 900 nominasi publik yang dikirimkan kepada National Recording Registry. Tidak ada batasan mengenai perilisan musik seperti versi filmnya namun sebuah karya menjadi terobosan untuk sebuah perubahan dan sejarah.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah lagu The Rainbow Connection yang dinyanyikan Jim Henson sebagai Kermit the Frog pada tahun 1979. Lagu yang ditampilkan untuk The Muppets ini bercerita tentang kekuatan besar tentang iman.

Dalam film The Muppets Movie pada tahun 1979, Kermit tampil dengan banjo-nya melantunkan lagu ini. “Luar biasa menjadi bagian dari sejarah negara kami. Sebuah kehormatan besar dan saya senang menjadi katak pertama yang ada dalam daftar!” kata Kermit dari National Recording Registry.

Album Rhythm Nation dari Janet Jackson adalah album yang berisi suara mereka mengenai rasisme, brutalisme polisi, dan ketidakadilan sosial.

Seluruh lagu yang masuk ke dalam daftar merupakan rilisan 1878 sampai 2008 dengan beragam genre mulai latin, jazz, blues, pop, sampai children’s music. Kemudian ada konten drama radio, This American Life yang menjadi konten radio pertama yang terdaftar dalam National Recording Registry.

Bagian dari Sejarah

Musik adalah bagian dari perkembangan budaya yang meluas dengan berbagai cara. Membawakan ulang lagu, sampling, atau memilih lagu untuk diputar dalam film, serial, sampai acara perayaan merupakan salah satu cara mengembangkan budaya populer.

Somewhere Over the Rainbow dan What a Wonderful World adalah lagu milik Israel Kamakawiwo’ole yang sering dibawakan oleh banyak musisi dan diputar dalam film. Somewhere Over the Rainbow sudah terdengar di film The Wizard of Oz, dbawakan ulang Eva Cassidy dan Ariana Grande.

Musik juga menginspirasi sebuah perubahan. Pada tahun 1972, penyanyi Marlo Thomas mengatakan dirinya hanya menemukan buku cerita yang cumaa berisi impian seseorang bisa menikahi pangeran. 

“Saya berkata ‘Kalian tahu, mari kita ubah dunia anak 5 tahun saat itu,” kata Marlo Thomas.

Karena itu Thomas membuat lagu di mana semua anak bisa bermimpi sesuai keinginan mereka tanpa halangan gender atau batasan. Hasilnya adalah Free to Be… You and Me dan album ini meraih penghargaan platinum.

Saat ini, seluruh musik yang masuk ke dalam daftar berjumlah 575 lagu/album yang merepresentasikan koleksi suara perpustakaan nasional yang berjumlah empat juta koleksi.

Berikut adalah 25 lagu yang masuk ke dalam National Recording Registry:

"Edison’s “St. Louis tinfoil” recording (1878)

Nikolina” — Hjalmar Peterson (1917) (single)

Smyrneikos Balos” — Marika Papagika (1928) (single)

When the Saints Go Marching In” — Louis Armstrong & his Orchestra (1938) (single)

Christmas Eve Broadcast--Franklin D. Roosevelt and Winston Churchill (December 24, 1941)

The Guiding Light” — Nov. 22, 1945

Odetta Sings Ballads and Blues” — Odetta (1957) (album)

Lord, Keep Me Day by Day” — Albertina Walker and the Caravans (1959) (single)  

Roger Maris hits his 61st homerun (October 1, 1961)

Aida” — Leontyne Price, et.al. (1962) (album)

Once a Day” — Connie Smith (1964) (single)

Born Under a Bad Sign” — Albert King (1967) (album)

Free to Be…You & Me” — Marlo Thomas and Friends (1972) (album)

The Harder They Come” — Jimmy Cliff (1972) (album)

Lady Marmalade” — Labelle (1974) (single)

Late for the Sky” — Jackson Browne (1974) (album)

Bright Size Life” — Pat Metheny (1976) (album)

The Rainbow Connection” — Kermit the Frog (1979) (single)

Celebration” — Kool & the Gang (1980) (single)

Richard Strauss: Four Last Songs” — Jessye Norman (1983) (album)

Janet Jackson’s Rhythm Nation 1814” — Janet Jackson (1989) (album)

Partners” — Flaco Jiménez (1992) (album)

Somewhere Over the Rainbow”/”What A Wonderful World” — Israel Kamakawiwo’ole (1993) (single)

Illmatic” — Nas (1994) (album)

This American Life: The Giant Pool of Money” (May 9, 2008)