Bagikan:

JAKARTA - Eka Gustiwana punya ketertarikan tersendiri mengenai teknologi musik. Personel Weird Genius itu bahkan menyebut dirinya sebagai music technology enthusiast (penggemar teknologi musik).

“Gua dari dulu emang menspesifikkan diri ke music technology enthusiast. Jadi setiap ada teknologi baru dalam musik, gua selalu penasaran,” kata Eka Gustiwana saat ditemui di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus.

Eka mengaku kagum dengan perkembangan teknologi dalam dua tahun terakhir, khususnya untuk artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Musisi 35 tahun itu juga sering membuat konten di kanal YouTube miliknya dengan membahas penggunaan AI dalam musik.

Meski diakuinya bahwa AI mampu melakukan banyak hal, Eka meyakini bahwa terkait proses kreatif dalam membuat karya musik akan lebih baik dikerjakan tanpa adanya bantuan AI.

“Gua selalu merekomendasikan teman-teman yang memang benar-benar musisi ya nggak perlu menggantikan otak kalian dengan itu (AI), karena otak kalian levelnya jauh lebih bagus,” katanya.

Namun bukan berarti musisi harus menghindari kecerdasan buatan. Dia melihat musisi juga harus terbuka untuk belajar dan mengetahui perkembangan teknologi.

“Tapi kalian harus tetap terbuka dengan teknologi baru yang ada, apapun teknologi itu. Karena kalau kita nggak update, kita akan ketinggalan dan kalah sama orang-orang yang menggunakan AI,” tandasnya.