Bagikan:

JAKARTA - Rekaman konser George Harrison untuk Bangladesh akhirnya sudah bisa didengarkan di berbagai platform streaming musik. Rekaman langka ini akhirnya tersedia secara resmi dari akun sang gitaris The Beatles.

Konser tersebut diketahui berlangsung di Madison Square Garden pada 1 Agustus 1971 lalu. Ia bersama sang rekan bermusik sekaligus guru spiritual, Ravi Shankar menggagas acara ini sebagai bentuk kepedulian terhadap Bangladesh yang saat itu dilanda genosida dan berjuang meraih kemerdekaan.

George turut mengundang beberapa musisi kenamaan untuk ikut serta di konser selama dua hari. Mereka di antaranya Bob Dylan, Eric Clapton, Ringo Starr, Leon Russell, dan Billy Preston.

Karena terkendala waktu dan jadwal, para musisi yang terlibat di konser kemanusiaan ini tak sempat latihan dengan layak. 

"Kami hanya punya sedikit waktu untuk latihan. Bahkan kuingat hanya sekali kami berlatih dengan semua orang yang terlibat hadir. Kami mempersiapkannya dengan kekurangan di sana-sini," tulis George Harrison dalam buku autobiografinya, I Me Mine.

Konser amal tersebut berhasil mengumpulkan dana awal sekitar 250 ribu dollar dari 2 hari pertunjukan sold-out. Movement ini berlanjut ke perilisan album dan boxset, sampai film hingga terkumpul jutaan dollar. Dana tersebut kemudian disalurkan untuk meringankan beban korban di Bangladesh.

Sejumlah lagu lawas termasuk yang populer dibawakan George Harrison di konser tersebut, seperti Bangla Desh, Something, Here Comes the Sun hingga While My Guitar Gently Weeps.