Bagikan:

JAKARTA - Penulis lagu Richard Kyoto menyatakan kegeramannya kepada Hetty Koes Endang. Pasalnya, sebagian lirik lagunya yang berjudul “Kasih” diubah oleh penyanyi 66 tahun itu.

Kejadian itu terjadi saat Hetty tampil dalam konser bertajuk “Konsert Satu Suara Volume 2” yang dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2015 lalu.

Saat itu, Hetty Koes Endang membawakan lagu “Kasih” yang ditulis Richard Kyoto, dan mengubah frasa 'hidup matiku hanya untukmu' diubah menjadi 'kasih sayangku hanya untukmu'.

Kyoto menganggap Hetty telah melakukan ‘mutilasi’ terhadap karyanya. Dia tidak senang lagunya diubah, terlebih tanpa pemberitahuan dan izin terlebih dahulu.

“Saya nggak senang aja. Bahasa paling sopan dari saya, saya nggak senang lagu saya diubah-ubah,” kata Richard Kyoto saat konferensi pers di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Juli.

Bagi Kyoto jelas, lagu “Kasih” menjadi kehilangan maknanya, meski hanya sedikit dari bagian lirik yang diganti.

Adapun, Kyoto menjelaskan bahwa pengakuan dari pihak Hetty menyebut frasa ‘hidup matiku hanya untukmu’ dirasa tidak tepat dibawakan di Malaysia. Di sana, frasa itu hanya layak ditunjukkan kepada Sang Pencipta.

“Saya bilang ini bahasa lagu, dia ganti, artinya beda,” pungkas Richard Kyoto.