Bagikan:

JAKARTA - Peter Collins yang dikenal sebagai produser musik, pengaransemen dan rekayasawan audio asal Inggris, dikabarkan meninggal dunia di usia 73 tahun.

Tidak jelaskan secara detail kapan Collins meninggal dunia, namun dia menghembuskan nafas terakhirnya setelah beberapa waktu terakhir berjuang melawan kanker yang diderita.

Sepanjang perjalanannya di industri musik, Peter Collins telah menjadi produser untuk musisi besar dunia, seperti Bon Jovi, Rush, Alice Cooper, Gary Moore, Air Supply, Suicidal Tendencies, Nanci Griffith, Josh Joplin, Tracey Ullman, Drake Bell, dan masih banyak lagi.

Rush yang merasa kehilangan atas kepergian Collins, mengucap rasa duka melalui akun Instagram resmi. Mereka mengenang kerja sama dengan sang produser yang sudah terjalin sejak tahun 1985.

"Peter Collins adalah produser tercinta kami untuk 4 album. Pertama di Power Windows (1985), lalu Hold Your Fire (1987), Counterparts (1993) dan Test For Echo (1996). Kami senang melihatnya di Nashville ketika kami melakukan tur. Dia memiliki senyum nakal, berseri-seri, dan selera humor yang tinggi. Dia akan sangat dirindukan.... RIP Mr. Big," tulis Rush dalam keterangan unggahan.

Geddy Lee, vokalis dan bassis Rush juga membagikan penghormatannya kepada Collins di akun Instagram resminya. "Sedih sekali mendengar meninggalnya Peter Collins. Seorang sahabat dan produser dari 4 album Rush yang berbeda. Selama periode tahun 80an dan 90an kami menjalani petualangan musik yang luar biasa bersama, di berbagai studio di seluruh dunia.”

"Dia benar-benar Mr. Big kami, dengan cerutunya yang selalu ada dan humornya yang selalu baik. Setelah menekan tombol rekam, saya masih bisa mendengar dia berkata 'OK guys, dari atas... jangan berhenti!' Kami menyayangimu B, istirahatlah dengan tenang dan terima kasih dari lubuk hati kami yang paling dalam."