Bagikan:

JAKARTA - Indonesia punya kesan mendalam bagi organis 64 tahun asal Amerika Serikat, Tony Monaco. Dia pertama kali datang ke Indonesia ketika tampil di gelaran pertama Java Jazz Festival di tahun 2005.

Kali ini, Tony kembali ke Indonesia. Dia tampil dalam gelaran Java Jazz Festival 2024 hari kedua yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, 25 Mei.

Dalam penampilannya, Tony Monaco membawakan karya instrumental berjudul “Indonesian Nights”, lagu yang dia tulis setelah mengunjungi Indonesia 19 tahun lalu.

“Saat pertama kali ke Indonesia, kalian tahu? Perbedaan waktunya 12 jam. Kalau sekarang di sini jam lima (sore), maka di sana lima pagi,” kata Tony Monaco menceritakan bagaimana inspirasinya dalam menulis “Indonesian Nights”.

“Jadi, pengalaman pertama saya ketika datang ke Indonesia sangat berkesan. Kwmudian, saya menulis lagu yang saya beri judul Indonesian Nights.”

Tony Monaco (kanan) tampil di Java Jazz Festival 2024/FOTO: Ivan Two Putra-VOI

 

Penampilan Tony Monaco mendapat sambutan hangat dari penonton yang memenuhi Brava Hall. Tepuk tangan dan teriakan silih berganti setiap para penampil berimprovisasi.

Kali ini, Tony Monaco ditemani musisi-musisi Indonesia sebagai rekannya, yaitu Oele Pattiselano (gitar) dan Robby Eliezer (drum).

Selain itu, Tony Monaco cs juga membawakan beberapa lagu jazz standard, seperti “Misty” dan “Its All Right With Me”.