Bagikan:

JAKARTA - Incognito kembali tampil di Java Jazz Festival 2024 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ini menjadi kesempatan kesekian kalinya bagi Jean-Paul “Bluey” Maunick, pentolan grup, bermain di hadapan pecinta jazz Indonesia. Bahkan mereka menjadi line up gelaran Java Jazz Festival yang pertama di tahun 2005.

Meski sudah sering tampil di Java Jazz Festival, kehadiran Incognito masih sangat diminati banyak orang. BNI Hall sebagai venue terbesar dalam gelaran ini, hampir terisi penuh dengan penonton.

“Still a Friend of Mine”, hit Incognito dari album “Positivity” (1993) masih menjadi lagu yang paling dinanti. Ketika Bluey memainkan intro lagu dengan gitarnya, penonton beranjak dari tempat duduknya dan secara serentak maju mendekati panggung.

Bluey menyebutnya sebagai lagu persahabatan. Dia pun bereksperimen dengan ribuan penonton yang hadir, dan meminta mereka untuk bersatu dalam sebuah harmoni.

“Lihatlah, kalian bernyanyi dalam harmoni bersama,” kata Bluey dalam penampilan, Jumat, 24 Mei.

“Kemudian, seseorang datang dengan kebodohannya, mereka bisa seseorang di tempat kerja, seseorang di perpolitikan, seseorang yang memimpin sebuah negara, atau seseorang yang menjadi tetangga kalian, yang berusaha memisahkan kalian satu dari yang lain,” lanjut Bluey.

“Untuk saya, lagu ini merepresentasikan kesatuan, untuk mempersatukan orang-orang.”

Bluey meminta penonton satu dengan yang lainnya saling berteriak dan menerima harmoni yang dihadirkan lewat musik.

“Ini adalah dunia yang saya ingini di sisa hidup saya,” katanya.

Incognito tampil di Java Jazz Festival 2024/FOTO: Ivan Two Putra-VOI

Meski tampil sebagai penutup gelaran hari pertama hingga tengah malam, kehadiran Incognito membuat ribuan orang tetap setia menonton hingga akhir.

Bluey juga bicara bagaimana pengalamannya bermain di Indonesia, khususnya Jakarta, sebagai pengalaman yang selalu penuh kesan.

“Saya cinta Jakarta. Ini adalah rumah kedua kami,” ujar Bluey.

Di akhir penampilannya, Bluey juga menerima rangkaian bunga dari Peter F Gontha, penggagas Java Jazz Festival. Kemudian, ia memainkan encore setelah penonton memintanya.

Dalam pertunjukan yang berlangsung sekitar 80 menit itu, Incognito membawakan sebelas repertoar, antara lain “Nothing Makes Me Better”, “Keep Me In The Dark”, “Step Aside”, “When the Sun Comes Down”, “Colibri”, dan “Don’t You Worry ‘Bout a Thing”.