Bagikan:

JAKARTA - Hari Musik Nasional diperingati setiap tanggal 9 Maret. Peringatan ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013.

Hari Musik Nasional juga bertepatan dengan hari kelahiran Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu Indonesia Raya, lagu kebangsaan kita.

Sisi seremonial peringatan Hari Musik Nasional tahun ini tidak bisa dilakukan secara maksimal. Ya, pandemi COVID-19 masih mengurung dan membatasi ruang gerak.

Namun, bukan berarti doa dan harapan tidak bisa diucapakan. Seperti yang dilakukan Amank Syamsu, vokalis band rock magnetik, OMNI.

"Selamat Hari Musik Nasional. Semoga musik Indonesia bisa terus menjadi kekuatan industri kreatif di negeri ini dan diberi ruang ekspresi yang lebih luas lagi," harap Amank Syamsu dalam pesan singkat kepada VOI.

"Lestari terus musik Indonesia. Jadilah penanda zaman," lanjut pria yang juga sering tampil sebagai penyanyi latar band Dewa 19.

Penetapan Hari Musik Nasional delapan tahun lalu merupakan upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik sekaligus meningkatkan prestasi dan rasa percaya diri insan musik Indonesia.

Semoga doa Amank Syamsu terkabul.