Bagikan:

JAKARTA - Azis Mangasi Siagian alias Azis MS dikenal sebagai pentolan Jamrud, yang ikut membentuk band bersama temannya sejak sekolah, Ricky Teddy.

Sebagai orang yang paling banyak menulis lagu hits untuk Jamrud, Azis menyebut keberadaan Krisyanto di posisi vokal sebagai faktor utama. Ia bisa mengeksplorasi diri saat menulis lagu, ketika membayangkan Krisyanto yang akan menyanyikannya.

“Beranjak dari suara itu (Krisyanto), makanya gua bisa bikin lagu yang lebih luas. Yanto itu untungnya dia kalau kita main di G atau C atau A, dia bisa,” kata Azis MS, mengutip kanal YouTube Dewa Budjana, Rabu, 10 April.

Ketika Krisyanto memutuskan keluar dari grup pada tahun 2007, dan kemudian kembali pada tahun 2011, Jamrud yang memilih vokalis pengganti harus kesulitan dalam meracik lagu baru.

“Begitu Yanto keluar emang agak bingung juga. Akhirnya ya itu tadi, 2009 nyoba vokal baru, dan memang agak kesulitan,” ujar Azis.

Azis memuji fleksibilitas Krisyanto dalam bernyanyi. Sang vokalis yang disebut sebagai penggemar God Bless, mau menyesuaikan karakter vokalnya dengan gaya musik yang diusung Jamrud.

Azis menilai Krisyanto mampu mengeksekusi dengan baik seluruh lagu yang ia tulis untuk Jamrud.

“Makanya dia di beberapa lagu seperti Pelangi Di Matamu bisa agak lembut, di lagu Putri dia bisa nge-growl, dan bisa juga main di lagu-lagu medium,” pungkas Azis MS.