Bagikan:

JAKARTA - Dwiki Dharmawan sudah malang melintang di genre world music. Ia membawa elemen-elemen musik tradisional Indonesia dalam bentuk yang lebih modern dan sudah ditampilkan di banyak panggung dunia.

Menurut Dwiki Dharmawan, autentisitas dari musik yang ia bawakan bersama musisi-musisi Indonesia lain di luar negeri menjadi daya tarik tersendiri.

“Yang penting itu musiknya autentik, makanya mereka tertarik untuk tahu lebih jauh,” kata Dwiki Dharmawan di Gambir, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dwiki menyebut banyak musisi dan peneliti musik yang tertarik dengan metode yang ia lakukan, yang mana mentransformasi suara-suara gamelan Sunda ke dalam kibor. Ini dilakukan dengan mempertimbangkan aspek frekuensi nada, karakter bunyi, dan lainnya.

Musisi 57 tahun itu mengaku banyak karyanya yang mendapat apresiasi di luar negeri. Beberapa kritikus musik asing telah memperhatikan karyanya, bahkan Dwiki diundang menjadi pembicara di forum musik dunia.

“Musik-musik saya itu, tidak ada album saya yang nggak di-review sama mereka, pasti di-review,” kata Dharmawan.

“Itu menunjukkan minat mereka luar biasa terhadap musik Indonesia. Saya juga akhirnya banyak sekali diundang (jadi pembicara). Setahun itu mungkin ada berapa belas kali,” pungkasnya.