Buktikan Eksistensi, Jamrud Kembali dengan Lirik Konyol dalam Lagu <i>Hanya Teman?</i>
Jamrud (Foto: Putut W. Guritno)

Bagikan:

JAKARTA - Band rock legendaris Tanah Air, Jamrud melepas lagu tunggal (single) baru bertajuk Hanya Teman?. Lagu ini merupakan gerbang pembuka menuju album baru mereka yang rencananya dirilis akhir tahun 2020.

Melalui Hanya Teman?, Jamrud kembali menunjukan eksistensi mereka setelah sekian lama tidak melahirkan karya baru. Selain itu, ini pertama kalinya mereka kembali membuat lagu dengan tuturan lirik konyol setelah sekian lama tak membuat lagu seperti ini.

"Enggak ada yang spesifik mengenai proses pembuatan lagu ini. Biasa aja seperti lagu-lagu lainnya, cuma karena mungkin udah agak lama aja enggak nulis lagu-lagu guyon kayak gini," kepada VOI, gitaris Aziz MS menuturkan. 

"Warnanya Jamrud memang seperti itu; guyon dan konyol, jadi mengalir seperti biasa tanpa ada pesan moral atau apa pun di dalamnya. Sekadar untuk seneng-seneng aja didengerin," tambah sang gitaris.

Meski tidak ada hal spesifik dari proses penggarapannya, Aziz MS mengatakan, saat menggarap Hanya Teman? ia mendapat referensi baru dari sisi kord gitar akustik yang menjadi fondasi utama aransemen lagu ini.

"Dari sekian belas album Jamrud, baru kali ini aku bikin lagu kayak semi semi pop jazz. Jadi mungkin di situ lah tantangan untuk menuntaskan lagu ini," kisah gitaris bernama lengkap Azis Mangasi Siagian.

Padahal awalnya, sambung Aziz MS, ia hanya iseng bermain gitar bersama anak-anaknya sampai akhirnya ia mendapatkan kord yang 'tak terduga'.

"Jadi aku kayak; 'Wah kayaknya enak juga nih kalau bikin lagu'. Dan terciptalah lagu ini," tukas pria kelahiran 26 Juli 1968.

Leader dari band yang awalnya bernama Jamrock ini menegaskan, Hanya Teman? merupakan pembuktian Jamrud kepada khalayak musik rock Tanah Air bahwa mereka masih ada. Jika nantinya ada penggemar yang tidak suka lagu ini, bukan masalah besar.

"(Lagu ini) lebih kepada eksistensi Jamrud karena udah beberapa tahun ini kami enggak ngeluarin album atau single. Kawan-kawan Jamers (sebutan penggemar Jamrud) banyak yang tanya kapan album atau single baru kami dirilis, dan akhirnya kami jawab dengan single ini," ujarnya.

Di akhir penjelasannya kepada VOI, sang gitaris mengungkapkan, saat ini Jamrud sudah memiliki 11 lagu yang siap dikemas dalam sebuah album penuh. Namun, sebelum album tersebut dirilis, para personel Jamrud sepakat untuk melepas single satu per satu.

"Kami masih nunggu waktu yang tepat untuk merilisnya. Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa hadir (album barunya)," Aziz MS mengakhiri.