Bagikan:

JAKARTA - Penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat, Paul Simon mengungkap bahwa pendengarannya kembali membaik dan mulai nyaman untuk kembali bermusik.

Di tahun 2023, anggota Simon & Garfunkel itu mengabarkan bahwa dirinya hampir kehilangan seluruh kemampuan mendengar di telinga kirinya. Hal ini membuatnya tidak bisa tampil secara live.

“Tidak ada yang punya penjelasan mengenai hal itu. Jadi, segalanya menjadi lebih sulit. Reaksi saya terhadap hal itu adalah frustrasi dan jengkel, belum cukup marah, karena saya pikir hal itu akan berlalu, dan akan pulih dengan sendirinya,” kata Paul Simon mengutip People, Selasa, 19 Maret.

Namun, saat ini Simon menyebut pendengarannya berangsur membaik, meski tidak seperti semula. Ia pun kembali nyaman untuk kembali bermusik.

“Itu kembali ke tingkat yang cukup, sehingga saya merasa nyaman bernyanyi dan bermain gitar dan memainkan beberapa instrumen lainnya,” kata Simon.

"Saya dapat mendengar suara saya sesuai keinginan saya dalam konteks musik. Kalau ada drum atau gitar elektrik terlalu keras, saya tidak bisa mendengar suara saya. Tapi ketika saya pertama kali kehilangan pendengaran, saya tidak bisa, itu membuat saya putus asa. Semuanya datang dari sisi ini.”

Sebagai informasi, Paul Simon dikenal bersama teman duetnya, Art Garfunkel. Mereka dikenal sebagai duo folk rock dengan lagu hits seperti The Sound of Silence, The Boxer, Bridge Over Troubled Water, Scarborough Fair, dan Mrs. Robinson.