Perayaan Satu Dekade, Prambanan Jazz 2024 Hadirkan A.R Rahman sebagai Headliner
Preskon menuju Prambanan Jazz 2024 (Foto: Rajawali Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Prambanan Jazz Festival akan memasuki gelaran ke-10 di tahun 2024 ini. Festival tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 5, 6 dan 7 Juli 2024 di kawasan Candi Prambanan yang masyhur.

Digagas oleh Rajawali Indonesia dan TWC, Prambanan Jazz tahun ini kedatangan tamu spesial. Ia adalah musikus yang karyanya sudah dikenal jutaan orang, peraih Oscar dan Grammy sekaligus. Ia adalah A.R Rahman.

Majalah Times dua dekade silam menyebut A.R Rahman sebagai Mozart dari Madras. Anas Alimi, Founder Prambanan Jazz Festival dan Rajawali Indonesia menyambut antusias kedatangan musisi idolanya tersebut.

"Bukan apa, India yang datang ke kehidupan saya saat remaja adalah serupa Bronx yang penuh dengan berita kekerasan, bencana alam, tata kelola hidup yang kacau, dan kemiskinan," tutur Anas.

"Bandingkan dengan paragraf pertama Time yang menggambarkan seperti apa A.R Rahman. Seperti Gershwin maupun Lennon dan McCartney, A.R Rahman adalah perwujudan dari harmoni, kualitas, energi, kerendahan hati; sebuah suara pribadi sekaligus universal, melahap begitu banyak bentuk lama dan mengubahnya menjadi sesuatu yang sangat baru," lanjutnya.

Karya A.R Rahman bicara lebih lantang dari persona sang musisi sendiri. Chaiyya Chaiyya dan Jai Ho, kedua lagu ini adalah bukti kejeniusan sang musisi.

Anas sangat bersyukur bisa menghadirkan A.R Rahman ke Indonesia, terutama Prambanan Jazz Festival. “Menghadirkan A.R Rahman di panggung Prambanan Jazz adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan, bukan sekadar pertunjukan musik, tapi ini adalah peristiwa penting kebudayaan,” terang Anas Alimi.

A.R Rahman akan tampil di hari kedua yakni 6 Juli 2024 nanti. Pihak penyelenggara menyampaikan jika musisi jenius tersebut sangat terkesan dengan konsep Prambanan Jazz, yang menyatukan pertunjukan musik dan cagar budaya yang eksotis.

Direktur Utama PT TWC & Co Promotor Prambanan Jazz, Febrina Intan menyampaikan, “Hadirnya A.R Rahman, dengan karakteristik musik yang khas tentunya akan menambah kekayaan ragam budaya di Candi Prambanan.” Candi Prambanan dikenal tidak hanya sebagai destinasi warisan budaya dunia, namun juga sebagai perwujudan berbaurnya kebudayaan di Indonesia, khususnya Yogyakarta dan sekitarnya.

Perpaduan nilai budaya Hindu dan Jawa, dengan mengusung unsur-unsur konservasi dan edukasi dalam pengembangan destinasi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

Traveloka mendapatkan kehormatan ditunjuk sebagai official ticketing partner untuk gelaran Prambanan Jazz Festival. Direktur Utama Rajawali Indonesia menyampaikan, “Konsumen dapat memesan tiket melalui aplikasi atau situs web Traveloka, dimana untuk menyaksikan A.R Rahman di panggung special show terdapat 3 kategori kelas meliputi Gold, Diamond dan VIP dengan harga mulai dari Rp 900.000,- di luar tiket masuk Candi Prambanan, pajak dan biaya admin, namun sudah termasuk akses panggung super festival pada hari tersebut.” Konsumen dapat melakukan pembelian tiket dengan mudah melalui pilihan produk kategori 'Event' pada platform Traveloka.