Bagikan:

JAKARTA - Piyu menyebut adanya kesepakatan yang dilakukan antara para personel ketika Padi bertransformasi menjadi Padi Reborn pada tahun 2017. Ia mengklaim bandnya itu kemungkinan band Indonesia pertama yang melakukannya.

“Pada saat mau jadi Padi Reborn, kita bikin satu agreement dimana mungkin itu band satu-satunya di Indonesia yang bikin agreement. Kita tanda tangan di depan notaris. Semua kita bahas di situ,” kata Piyu di Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin, 22 Januari.

Kesepakatan tersebut membahas banyak hal terkait keberlangsungan Padi Reborn sebagai sebuah band. Salah satu isi perjanjian mengharuskan personel yang terlibat kasus penyalahgunaan narkoba untuk keluar dari band.

Perjanjian tersebut juga berisi komitmen para personel untuk mengutamakan band. Permasalahan komunikasi dan ego yang pernah diungkap Fadly sebagai alasan vakumnya Padi juga menjadi pembahasan.

“Ada segala macam kita sampaikan di situ. juga termasuk dalam hal apapun yang dulu membuat kita vakum, kita sampaikan di situ. Sehingga kita nanti ada hal apapun kita sudah punya (dasar),” ucap Piyu.

“Jadi, sekarang ini kita karena udah berdasarkan komitmen, kita sudah tanda tangan, berarti kan kita sudah komitmen. Ya sudah, kita tidak pernah bermasalah, karena personelnya juga itu-itu aja kan. Kita tidak berganti personel,” lanjutnya.

Piyu merasa Padi Reborn juga semakin solid. Karena jadwal manggung yang cukup padat, tidak ada personel yang berani terlalu sering tampil secara solo. Namun, personel yang tampil solo pun tidak membawakan lagu Padi untuk mencegah permasalahan yang mungkin muncul.

“Lebih susah sih kalau mau manggung sendiri, karena jadwal kita juga sudah padat, dan juga nggak mungkin juga umpamanya bawain lagu sendiri juga. Nggak ada yang ke arah sana. Paling kayak Fadly, mungkin dia ada beberapa kali diundang, tapi kan dia juga ada beberapa lagu yang lain, ya kita masih kasih toleransi lah,” katanya.

Sebagai informasi, Padi yang debut lewat album Lain Dunia pada tahun 1999, belum pernah mengganti personel. Sampai saat ini, Padi Reborn diperkuat Fadly (vokal), Piyu (gitar), Ari (gitar), Rindra (bass), dan Yoyo (drum)