Inul Daratista Kritik Keras Kebijakan Pemerintah Naikkan Pajak Hiburan
Inul Daratista (Instagram @inul.d)

Bagikan:

JAKARTA - Inul Daratista dikenal sebagai pedangdut yang juga memiliki banyak bisnis karaoke. Ia ikut mengkritik kebijakan pemerintah yang menetapkan kenaikan pajak hiburan sebesar 40-75 persen.

Melalui akun Instagram miliknya, Inul mengunggah pemberitaan yang berisikan pendapat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang menyebut kenaikan pajak hiburan tidak akan mematikan industri pariwisata.

“Baca ini kok aku jd heran yo, gak mematikan gimana?? 40-75 persen.... itungane piye? Dibebankan ke costumer?? Wong tamu naik 10rb aja megap2... teriak2...!!” tulis Inul Daratista dalam keterangan unggahannya, Kamis, 11 Januari.

“Saya aja termasuk org yg taat pajak lihat ini kadu kebelet keluar masuk toilet !!!!!! Itungan dr mana kita bs bayar pajak segini gedenya pak ?? @sandiuno,” sambungnya.

Inul tampak skeptis dengan kebijakan pemerintah untuk memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), namun di lain sisi mempersulit pengusaha seperti dirinya yang harus menghidupi ribuan karyawan, belum lagi berpikir untuk mengembalikan uang pinjaman dari bank.

“Baru buka umur baru 1thn setengah blom jg untung wis denger berita pajak hiburan naik 40-75 persen, mabuk tah iki heh?? Niat mateni po piye pak??” katanya.

Mewakili asosiasi pengusaha karaoke, Inul Daratista melihat kebijakan terkait kenaikan pajak hiburan tidak wajar. Ia juga meminta pendapat Hotman Paris yang juga memiliki beberapa tempat hiburan.

“Keluhan saya ini mewakili keluhan Asosiasi yg di dalamnya smua pengusaha karaoke. Klo saya tutup smua karaoke saya, 5000 org karyawan saya juga pastinya ga bs kerja utk kasih makan keluarganya. Blom lagi teman2 sy yg lain, ditotal malah ribuan pengangguran yg terjadi” tulis Inul.

Ia juga menyebut pemasukan dari penulis lagu dan musisi akan berkurang jika karaoke harus ditutup. Royalti untuk mereka jadi hal lain yang harus dipikirkan pengusaha karaoke.

“Klo kita kompak mau buyar tutup gak usah ada hiburan karaoke lagi, nasib pencipta -Artis byk juga yg jd korban, krn ga ada income dr kita. Makin parah jdnya,” kata Inul Daratista.

“Coba pajak hiburan cuma 20 persen, msh wajar kita pengusaha hiburan juga bs nafas. Bayar royalti, bayar mantainance dan lain2, sewa tempat, apa smua ga dipikirin tah??? Hellooo.. Pak mohon dibaca tulisan sy ini pak mentri @sandiuno @smindrawati @jokowi,” pungkasnya.