Bagikan:

JAKARTA - Penggemar menemukan kemiripan antara intro lagu baru Green Day, One-Eyed Bastard dengan lagu Pink rilisan 2008, So What.

Riff pembuka dari lagu band punk asal Oakland yang dicomot dari album mendatang Saviors, dianggap menggunakan urutan notasi lagu milik Pink.

So What sendiri sebelumnya dianggap mirip lagu klasik Deep Purple rilisan 1970, Black Night, ketika pertama kali dirilis.

Namun, frontman Green Day Billie Joe Armstrong mengungkap bahwa idenya dalam riff tersebut muncul dari tempat berbeda.

“’One Eyed Bastard’ dimulai dari riff yang saya miliki – sebuah shuffle, hampir seperti jenis riff Black Sabbath. Secara lirik, saya hanya merefleksikan masa-masa buruk dalam hidup,” jelas Armstrong dalam siaran persnya.

“Itulah soal nostalgia, terkadang Anda berpikir, ‘Itu adalah saat yang buruk’,” tambahnya. “Semua orang punya masa-masa buruk dalam hidup mereka, di mana mereka harus menghadapi pikiran-pikiran buruk – bisa jadi itu seperti balas dendam atau apa pun. Syukurlah, saya punya jalan keluar dalam penulisan lagu.”

Meskipun demikian, banyak penggemar yang mengomentari kesamaan tersebut secara online. “Lagu Green Day yang baru itu terdengar sangat mirip dengan warna Pink di awal sehingga sangat mengganggu,” tulis seseorang di X/Twitter.