Lagu Bob Marley yang Hilang, <i>Selassie is the Chapel</i> Dirilis
Bob Marley (Insatgram @bobmarley)

Bagikan:

JAKARTA - Single baru Bob Marley yang belum pernah dirilis, berjudul Selassie is the Chapel, kini hadir lebih dari 40 tahun setelah kematian sang bintang reggae.

Pertama kali direkam pada 1968 tetapi belum pernah diterbitkan secara resmi, lagu tersebut sekarang dirilis oleh label asli Marley, JAD Records, dan tersedia untuk streaming di semua platform. Edisi terbatas piringan hitam 7” sebanyak 2000 salinan juga tersedia.

Lagu yang sangat spiritual dan personal ini memberi penghormatan kepada Haile Selassie, kaisar Ethiopia dan tokoh suci dalam gerakan Rastafari, di mana Marley adalah salah satu anggotanya.

Lirik lagu tersebut ditulis oleh salah satu mentor Marley, Mortimer Planno, yang bertemu Selassie saat mengunjungi Jamaika pada 1966.

Single ini merupakan rilisan pertama di JAD Records dalam kurun waktu tujuh tahun. Label ini didirikan oleh Johnny Nash pada 1967, setelah Nash bertemu Marley di Jamaika.

Marley terus merekam musik eksklusif untuk label tersebut selama bertahun-tahun.

Marley meninggal pada 1981 di usia 36 tahun, setelah menjadi pionir global musik reggae, ska, dan rocksteady. Dia diperkirakan telah menjual lebih dari 75 juta rekaman di seluruh dunia.