Bagikan:

JAKARTA - Anak Bob Marley dan Rita, Ziggy berbicara bagaimana ayahya mampu mencapai kesuksesan musik di kancah internasional.

Menurut Ziggy, ada peranan besar ibunya dalam karier musik Bob Marley, bahkan setelah kematiannya pada 11 Mei 1981 sampai saat ini.“Ibuku adalah tulang punggung segalanya. Tanpa dia, semua ini tidak akan terjadi. Karier ayah saya tidak akan seperti sekarang ini,” kata Ziggy, melansir People pada Senin, 5 Februari.

“Mereka benar-benar saling melengkapi dengan cara itu. Anda membutuhkan seseorang seperti itu di sisi Anda. Anda tidak dapat melakukannya sendiri. Anda tidak akan pernah bisa melakukannya sendirian.”

Ziggy menceritakan bagaimana kedua orang tuanya bersatu dari ketiadaan. Ia menyebut hubungan Bob dan Rita telah menbangun sesuatu yang melampaui ikatan fisik mereka.

“Mereka memiliki lebih dari sekedar koneksi fisik. Mereka memiliki hubungan spiritual, dan itulah hubungan terdalam yang dapat Anda miliki,” ujar Ziggy.

Adapun, Rita yang merupakan seorang penyanyi dan penulis lagu, bertemu Bob ketika masih berusia 17 tahun, sedangkan Bob berusia 19 tahun. Kemudian, mereka menikah pada tahun 1966. Rita nuga tampil bersama suaminya sebagai penyanyi cadangan, dan mereka memiliki tiga anak bersama, yaitu Cedella, Ziggy, dan Stefanus.

Meskipun Bob berselingkuh dengan wanita lain yang menghasilkan tujuh anak, Rita tidak terpengaruh. Bahkan, Rita pernah mengatakan pada People pada tahun 1984 bahwa ia meyakini dirinya sebagai orang yang selalu spesial bagi Bob Marley.

“Saya lebih mencintai Bob karena dia menyerahkan warisan ini kepada saya. Saya tidak pernah ikut campur dalam urusan wanita lain. Aku selalu menjadi orang yang sangat spesial baginya. Ketika Tuhan menyatukanmu, kamu tetap bersama, apapun yang terjadi.”

Terbaru, Rita juga turut andil dalam membantu pelestarian warisan Bob Marley dalam bentuk film. Ia menjadi produser untuk film Bob Marley: One Love yang akan ditayangkan pada 14 Februari mendatang.