Bagikan:

JAKARTA - Eric Clapton melalui unggahan Instagram, mengenang kembali perilisan album “461 Ocean Boulevard” yang sudah berusia 50 tahun.

Dalam keterangan unggahan, dijelaskan bahwa nama album diambil dari alamat rumah Clapton yang berada di Florida, Amerika Serikat, yang juga menjadi tempatnya menulis lagu untuk album ini.

“Juli menandai 50 tahun sejak album Eric Clapton '461 Ocean Boulevard' dirilis,” bunyi keterangan unggahan.

Cover album “461 Ocean Boulevard” dari Eric Clapton (dok. Polydor Records)
Cover album “461 Ocean Boulevard” dari Eric Clapton (dok. Polydor Records)

Adapun, “461 Ocean Boulevard” merupakan album kedua Eric Clapton sebagai solois. Album ini menduduki posisi #1 di AS dan Kanada, serta terjual lebih dari 2 juta kopi.

Album ini menampilkan lagu klasik "I Shot the Sheriff" yang merupakan cover lagu Bob Marley. Hits lain yang ada di dalamnya adalah “Willie and the Hand Jive”, “Let It Grow”, “Please Be With Me”, dan “Motherless Children”.

"461 Ocean Boulevard" merupakan langkah besar ke arah pemulihan, stabilitas pribadi dan profesional Clapton yang sebelumnya menghadapi masa sulit karena kecanduan narkoba.

Perpaduan antara blues, rock, dan reggae yang hadir mencerminkan kemampuan Clapton untuk beradaptasi dengan berbagai genre musik.

Clapton mengerjakan album ini dengan melibatkan banyak musisi sesi studio, seperti Dick Sims (kibor) dan Carl Radle (bass). Meskipun band ini tidak sama dengan formasi Derek and the Dominos, kontribusi mereka memberikan tekstur yang kaya dan variasi pada album.

Album ini memiliki dampak yang signifikan dalam karier Clapton dan sejarah musik rock. "461 Ocean Boulevard" tidak hanya menandai kembalinya Clapton sebagai sorotan utama, namun juga menunjukkan kemampuannya untuk menyuntikkan inovasi ke dalam genre yang sering dianggap tradisional.

Versi cover "I Shot the Sheriff" juga menunjukkan bahwa sang gitaris mampu membawa sentuhan baru pada lagu-lagu yang sudah dikenal, sementara lagu-lagu lainnya di album ini memperlihatkan kematangan artistik dan eksplorasi musik yang terus berkembang.