Bagikan:

JAKARTA - Salah satu gitar ikonik Eric Clapton – bernama “The Fool” – jadi salah satu gitar termahal yang pernah dilelang.

Pada Kamis, 16 November, Gibson SG psikedelik yang dilukis khusus pada 1964 milik musisi tersebut terjual seharga 1,27 juta dolar AS di Julien's Auctions.

Instrumen enam senar itu dijual sebagai bagian dari acara lelang musik selama tiga hari “Played, Worn and Torn: Rock N’ Roll Iconic Guitars and Memorabilia” di Hard Rock Café di Nashville.

Menurut Guitar World, gitar tersebut adalah SG '64 yang sama yang dimainkan Clapton ketika dia dan rekan band Cream-nya membuat album kedua mereka, Disraeli Gears.

Gitar tersebut dilukis oleh kolektif seni Belanda yang menjadi asal mula nama SG. Ini menjadi lambang berpengaruh era psikedelik sekaligus simbol Musim Panas Cinta pada tahun 1967.

Menurut Planet Rock, Clapton menghadiahkan gitar itu kepada George Harrison setelah Cream dibubarkan. Harrison kemudian mewariskannya kepada Jackie Lomax.

Gitar tersebut juga dimiliki oleh Todd Rundgren di tahun 70an dan 80an yang memberinya julukan “Sunny” setelah lagu Cream, Sunshine of Your Love, hingga dia menjualnya dalam lelang pada tahun 2000.