Bagikan:

JAKARTA - Maliq & D’Essentials telah mempersiapkan single baru berjudul Aduh yang akan dirilis pada pada 24 November mendatang.

Soal single baru kali ini, Angga (vokal) menyebut adanya nuansa baru yang dihadirkan. Saat proses penggarapan, ia bahkan merasa seperti kembali ke 20 tahun lalu, ketika Maliq & D’Essentials baru saja menapaki kariernya di dunia musik.

“Jujur gua nggak nyangka bakal keluar lagu kayak begini di karya Maliq di umur yang segini. Prosesnya sangat berkesan, di mana saat penciptaan lagu ini situasinya memang benar-benar lagi asyik banget. Seolah-olah band 20 tahun ini kayak band baru yang belum pernah keluar album. Nggak ada tekanan mau buat lagu kayak apa juga,” kata Angga saat jumpa pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin,13 November.

Adapun, Aduh digarap setelah Maliq & D’Essentials menyelesaikan Konser 20 Tahun mereka pada Mei lalu. Tak butuh waktu lama bagi mereka dalam penggarapan, begitu juga dengan pihak label yang langsung menyetujuinya.

“Apa yang kalian dengar di lagu Aduh ini, semuanya itu take pertama,” ujar Angga.

Sementara itu, Widi (drum) mengaku senang ketika ditunjuk sebagai produser single terbaru ini. Dia menyebut Angga kembali berperan besar dalam penulisan lirik. Lagu ini, disebutnya sebagai lagu yang penuh dengan hook.

“Banyak hook di lagu ini, Angga dan Indah yang menemukan liriknya. Ini yang paling gua senang, Angga sudah lama enggak explore menulis lirik,” ujar Widi.

“Gue senangnya ada banyak penempatan kalimat-kalimat yang nggak gua banget, justru itu yang gua tunggu. Gua serahkan mereka, terutama di verse. Gua cuma menyumbang di reff. Karena gua suka hook, jadi gua cari hook-nya,” lanjutnya.

Sebagai pra rilis, versi lagu Aduh dengan durasi 30 detik dapat didengarkan di platform TikTok. Sejak 10 November lalu, Aduh sudah dijadikan lagu latar dari 15 ribu lebih video.

“Kita juga nggak menyangka kalau Aduh bisa diterima segitunya di TikTok. Ya kita pastinya semakin nggak sabar untuk melihat respon mereka saat lagu versi full dirilis nanti,” ujar Indah (vokal).

Adapun, lagu Aduh menjadi salah satu materi dari album baru yang rencananya akan dirilis pada kuartal pertama tahun 2024. Sejauh ini, sudah ada empat lagu lain yang sudah direkam dan siap dirilis dalam album baru tersebut.

Sebagai informasi, perilisan lagu baru ini juga menjadi penanda kembalinya Maliq & D’Essentials bergabung di bawah naungan Warner Music Indonesia.

Keduanya pernah bekerja sama pada tahun 2005. Selama lima tahun, maliq mengeluarkan empat album. Kemudian, mereka memutuskan menempuh jalur indie dengan mendirikan label musik mereka sendiri pada tahun 2010.