The Smashing Pumpkins Umumkan Kepergian Gitaris Jeff Schroeder
Jeff Schroeder (kiri) dan salah satu idolanya, gitaris Jake E. Lee (Instagram @jjjschroeder)

Bagikan:

JAKARTA - The Smashing Pumpkins mengumumkan kepergian gitaris lama mereka, Jeff Schroeder.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke media sosial band tersebut, Schroeder menulis: “Sekarang mudah untuk mengatakan bahwa ketika saya bergabung dengan The Smashing Pumpkins pada 2007, saya tidak tahu apa yang akan saya hadapi."

"Peluang itu sepertinya muncul begitu saja. Saya berada di UCLA sedang mengerjakan gelar doktor saya di bidang sastra komparatif ketika seorang teman dekat mengirimi saya pesan dan mengatakan The Smashing Pumpkins sedang mencari pemain gitar," dia melanjutkan.

“Sebagai penggemar berat band ini, audisi adalah sesuatu yang saya ikuti. Itu adalah salah satu keputusan terbaik yang saya buat dalam hidup saya. Jumlah kenangan luar biasa yang tercipta selama 16 tahun terakhir bersama band ini terlalu banyak untuk diukur.

“Meskipun ini keputusan yang sangat sulit untuk diambil, saya memutuskan untuk meninggalkan band ini untuk memberikan ruang untuk mengeksplorasi jalur yang sedikit berbeda. Saya ingin berterima kasih kepada Billy, Jimmy, James, dan Jack karena telah menjadi teman band yang luar biasa dan bahkan teman yang baik. Saya benar-benar akan rindu berbagi panggung dengan kalian. Saya berharap band ini sukses di masa depan. Saya akan menonton dan mendengarkan musik kalian.”

Schroeder bergabung dengan The Smashing Pumpkins pada 2007 dalam tur comeback mereka untuk album Zeitgeist, awalnya menggantikan salah satu pendiri dan gitaris James Iha. Ketika Iha bergabung kembali dengan band ini pada 2018, Schroeder tetap bertahan.

Bersama Pumpkins, dia merekam total enam album, termasuk opera rock tiga bagian baru-baru ini, ATUM, yang menurut NME adalah “sebuah karya ambisius” dengan “banyak hal yang dapat menyenangkan semua penggemar berat Pumpkins.”

Dalam wawancara sebelumnya dengan Guitar World pada 2018, vokalis Billy Corgan memuji Schroeder, dengan mengatakan: “Lihat, Jeff telah menghabiskan 12 tahun di band ini, dan itu adalah komitmen yang sangat serius. Dia mendedikasikan hidupnya untuk band, dan saya rasa dia pantas mendapatkannya."

“Dia tidak hanya seorang musisi hebat, tapi dia juga sangat bertanggung jawab atas banyak hal yang terjadi di balik layar. Saya benar-benar tidak melihat ini bisa berhasil tanpa dia.”

The Smashing Pumpkins akan menggelar tur musim panas 2024 di Inggris dan Eropa bersama Weezer. Green Day juga mengumumkan Corgan dkk akan mendukung mereka dalam tur stadion AS tahun depan, namun belum ada tanggal yang diumumkan.