Sharon Den Adel Pertahankan Haknya Ekspresikan Pandangan Politik Lewat Lagu
Sharon Den Adel (Instagram @wtofficial)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam wawancara baru dengan Robin Hignell dari FaceCulture, vokalis band symphonic gothic metal Belanda, Within Temptation, Sharon Den Adel ditanya tentang ada tidaknya penolakan dari berbagai pihak terkait pandangan politik mereka dalam beberapa lagu yang mereka rilis.

Lagu-lagu tersebut, antara lain Wireless dan trek judul album baru Bleed Out menyoroti topik terkini seperti perang di Ukraina dan kematian mencurigakan Mahsa Amini, wanita Iran yang ditahan karena tidak mengenakan jilbab.

"Ya. Banyak orang berkata, 'Diam saja dan bernyanyi. Diam dan mainkan. Kami tidak tertarik dengan pandanganmu.' Tapi menurut saya itulah inti musik. Tentang pemikiran, tentang filosofi. Tentang banyak hal, dan terutama topik-topik besar di dunia, karena itulah yang menginspirasi kita," kata Sharon.

"Dan menurut saya apa pun yang menginspirasi Anda adalah hak Anda untuk membicarakannya. Dan itu juga bedanya dengan hidup di negara demokrasi. Saya bisa mengatakan apa pun yang ingin saya katakan, tentu saja dalam batasan tertentu, tapi saya bebas melakukannya. Dan itulah bedanya, daripada tinggal di Iran atau Rusia atau apa pun, [di mana] saya mungkin berada dalam bahaya saat ini," dia melanjutkan.

"Dan, tentu saja, mengatakan hal-hal ini bukannya tanpa bahaya, karena orang-orang bisa bereaksi sangat keras dan kami juga telah menyadarinya. Namun kapan Anda menulis tentang hal itu dan Anda memiliki perasaan tertentu terhadapnya..."

"Kami telah tampil berkali-kali di kedua negara, seperti Ukraina dan Rusia, dan kami bertemu banyak orang-orang baik dan bersenang-senang di kedua negara itu. Namun faktanya bagi kami, sangat jelas bahwa Rusia adalah agresor di sini dan merasa sangat kasihan pada negara berdaulat seperti Ukraina yang diserang seperti itu."

"Dan, ya, itu tidak masuk akal bagi kami. Dan kami sangat terkejut karena kami tidak pernah berpikir setelah Perang Dunia Kedua, kita akan pernah melihat perang seperti ini dengan skala sebesar ini, karena, tentu saja, ada lebih banyak perang yang terjadi. Kita punya Sarajevo, tentu saja, tapi negara ini tidak seperti negara adidaya seperti Rusia."

"Ini adalah permainan yang sangat berbeda. Ini sangat berbahaya. Dan menurut saya dia… baiklah, hal ini tidak hanya terjadi di Ukraina. Dan menurut saya kita tidak memerlukan negara lain yang akan tertindas. Kita memerlukan lebih banyak demokrasi di mana pun, menurut saya."

"Dan memikirkan hal itu, saya berharap kita dapat mendukung mereka sampai akhir, karena keadaan akan menjadi lebih buruk bagi semua orang jika semakin banyak negara seperti Rusia yang menindas penduduknya. Dan khususnya sangat dekat dengan rumah, karena jaraknya dua setengah jam penerbangan dari bandara kami sendiri. Jaraknya sama dengan Barcelona bagi kami. Jadi tidak ada salahnya."