<i>Mr Brightside</i> dari The Killers Jadi Lagu Inggris yang Paling Banyak Diputar dalam Sejarah Spotify
Vokalis The Killers, Brandon Flowers (Instagram @Thekillers)

Bagikan:

JAKARTA - Lagu Mr Brightside dari The Killers dinyatakan sebagai lagu Inggris yang paling banyak diputar dalam sejarah Spotify.

Untuk merayakan ulang tahun aplikasi pemutar musik yang ke-15 tersebut, Music Week melaporkan bahwa Spotify telah membuat daftar artis dan lagu terbesar sejak diluncurkan pada Oktober 2008.

Mr Brightside (dirilis pada 29 September 2003) memiliki lebih dari 1,8 miliar streaming secara global pada 9 Oktober 2023. Namun, Spotify tidak merilis jumlah streaming khusus Inggris.

Mr Brightside sebelumnya memecahkan rekor tangga lagu Inggris pada tahun 2021 dengan menghabiskan 260 minggu tidak berturut-turut di Top 100 tangga lagu single Inggris. Pada 10 Oktober, angka tersebut meningkat menjadi 382 minggu – hampir tujuh tahun.

Adapun lagu ini dirilis sebagai single utama dari album debut The Killers, Hot Fuss, dan hanya mencapai nomor sepuluh sebagai posisi chart tertinggi. Namun, berkat dedikasinya yang luar biasa, Mr Brightside menikmati tingkat konsumsi yang konsisten yang berkontribusi terhadap jumlah streaming yang mencengangkan.

Selain Mr Brightside, lagu yang paling banyak diputar lainnya antara lain adalah Riptide milik Vance Joy di nomor enam dan Do I Wanna Know? milik Arctic Monkeys di nomor 7.

Spotify juga mengungkap artis-artis Inggris dengan jumlah streaming terbanyak secara global di Spotify selama 15 tahun terakhir. Ed Sheeran dinobatkan sebagai artis pria dengan streaming terbanyak. Lagu Shape of You dinyatakan sebagai lagu Inggris yang paling banyak diputar secara global (3,6 miliar streaming pada 11 Oktober).

Sementara itu, Dua Lipa menduduki peringkat artis wanita dengan jumlah streaming terbanyak. Lagu hitsnya Don't Start Now dan New Rules juga masuk dalam 15 lagu Top yang dibuat oleh artis Inggris sepanjang masa di platform tersebut.