Bagikan:

JAKARTA - Rusyaedi Makmun alias Ady mengaku diminta untuk kembali menjadi vokalis NAFF, band yang sudah ditinggalkannya sejak 2010 lalu. Hal tersebut diungkap saat menjadi tamu di kanal YouTube dunia MANJI milik Anji.

“Tawaran (balik jadi vokalis NAFF) itu banyak banget. Ada dari fans, dan termasuk pembicaraan suatu malam sama (personel) NAFF,” ungkap Ady saat menjadi tamu di kanal YouTube dunia MANJI, dilihat Rabu, 11 Oktober.

Saat ini, Ady menutup kemungkinan untuk kembali ke NAFF. Terlebih, ia tengah menghadapi konflik soal hak cipta lagu dengan mantan bandnya itu.

“Ngapain kita basa-basi, ngapain kita tutup-tutupi, fakta harus kita buka. Kenapa keluar? Kok baru ngomong sekarang. Pertanyaannya kenapa lu nggak larang gua keluar? Kan gua punya alasan untuk keluar,” kata Ady.

Sulit bagi Ady untuk meninggalkan NAFF saat itu. Terlebih, dia mengaku sebagai pendiri band. Saat itu, posisi NAFF di industri musik juga sangat baik.

“Gua ninggalin band besar, NAFF itu gua tinggalin dalam keadaan di atas, itu bukan sesuatu yang gampang buat gua lakukan,” ujar Ady.

“Nangis gua, karena NAFF itu anak gua, gua yang bangun. Pasti kan ada alasan besar di balik itu,” sambungnya.

Ady pun mengungkap salah satu momen yang benar-benar membuatnya harus mengambil keputusan keluar dari band.

Saat itu, Ady yang sakit tifus harus istirahat selama sebulan. Namun, manajemen dan band memintanya untuk tampil.

“Surat sakit udah gua kirim ke manajemen, udah gua kirim sebulan sebelumnya. Terus tiba-tiba dibilang ada job di salah satu kafe atau kelab di Jakarta. Gua bilang gua nggak bisa, gua sakit,” tutur Ady.

“Pas hari H mau manggung, gua diminta supaya bikin video dan menyatakan bahwa gua sakit. Terus surat gua gunanya apa? Kenapa nggak lu kasih ke panitianya?” lanjutnya.

Akhirnya, NAFF tetap tampil tanpa Ady. Posisi vokalis diganti dengan penyanyi lain. Namun, penyanyi yang dipilih dirasa kurang tepat oleh Ady.

“Sampai gua bilang jangan gantiin gua sama vokalis yang nggak sepantar. Maaf ya, karena NAFF waktu itu hebat sekali,” ujar Ady.

“Sampai gua minta yang ganti gua itu Fadly (Padi), kalau memang mau tetap dijalanin. Tapi nyatanya nggak juga, entah siapa yang dipanggil, dan tetap manggung,” imbuhnya.

Itulah alasan puncak yang membuat Ady memutuskan keluar. Sementara, untuk permasalahan yang lain tidak diungkapnya.

“Jam 2 malam gua dipanggil sama label, karena mereka tahu kalau gua mau keluar. Ya udah, gua bilang gua mundur, apapun alasannya,” pungkas Ady eks NAFF.