Bagikan:

JAKARTA - Rax Gaster – manajer artis yang memiliki banyak jadwal untuk tampil di festival Paralello Universo di Re’im, Israel – menggambarkan adegan kekacauan saat sebuah serangan terjadi.

Festival musik elektronik, yang terletak di dekat Jalur Gaza, menyaksikan sedikitnya 260 orang terbunuh dan lainnya diculik ketika serangan dilancarkan oleh Hamas pada Sabtu, 7 Oktober kemarin.

Dalam ingatannya pada malam itu, dia menggambarkan kejadian itu seperti “mimpi buruk”.

Menurut laporan yang dibagikan oleh Billboard, Gaster muncul di lokasi festival sekitar pukul 05.30, dan pesta akan berlangsung hingga pukul 17.00 malam itu. Sekitar satu jam setelah dia tiba, malam tiba, ketika roket dan rudal yang diluncurkan Hamas dari Jalur Gaza mendarat di lokasi tersebut.

“Sekitar pukul 06.30 pagi kami mulai mendengar ledakan,” katanya. “Kami keluar dari belakang panggung dan melihat pemboman penuh di mana-mana. Ratusan roket dan mortir beterbangan dari mana-mana dan terjadi ledakan di sekitar kami.”

Dia juga menyatakan bahwa pihak keamanan menyarankan semua peserta untuk turun ke lantai dan meletakkan tangan mereka di atas kepala untuk perlindungan, namun setelah lima atau 10 menit, memberitahu semua orang untuk “masuk ke mobil kalian dan pergi”.

“Saat polisi berkata ‘pergi sekarang’, saya lari,” tambahnya. “Saya tidak menunggu, karena kami tahu itu serangan roket. Kamu harus bertindak cepat.”

Festival Paralello Universo pertama kali dimulai hampir 20 tahun yang lalu, dan acara di Israel disebut Supernova Sukkot Gathering – diambil dari nama hari raya Yahudi dan menjadi tuan rumah bagi sederet artis elektronik.

Saat melarikan diri dari acara tersebut, Gaster mengatakan kepada Billboard bahwa dia dan tiga orang lainnya dapat sampai ke mobil dengan cepat karena mereka diparkir di dekatnya, dan mulai “mengemudi dengan sangat cepat, tidak berhenti untuk apa pun, bahkan ketika rudal [jatuh]”. “

“Naluri saya mengatakan kepada saya untuk tidak berhenti untuk mencari perlindungan, cukup mengemudi… Kami melaju begitu cepat sehingga kami bahkan tidak tahu apa yang sedang terjadi,” lanjutnya, seraya menambahkan bahwa ia berusaha memastikan artis-artis yang bekerja bersamanya juga berada di dalam kendaraan untuk melarikan diri dari bencana. lokasi.

Ketika dia dan yang lainnya sampai di sebuah vila yang disewa oleh tim produksi sekitar 30 kilometer jauhnya, dia menambahkan bahwa mereka mulai menerima pesan teks dan panggilan telepon yang memberitahukan bahwa, beberapa menit setelah mereka berkendara dari lokasi tersebut, para pejuang Hamas tiba “dengan membawa senjata mesin dengan RPG, dengan granat, dan membantai siapa pun yang mereka bisa.”

Gaster dan orang-orang yang bersamanya kemudian mengubah vila itu menjadi pusat komando, menurut Billboard, dan mulai menghubungi IDF, layanan keamanan Israel lainnya, dan “semua teman kami yang kami kenal secara pribadi yang memiliki senjata api yang memiliki koneksi yang dapat menuju ke sana. ”

Selama ini, lanjutnya, mereka menerima pesan dari teman dan kolega yang masih berada di lokasi, yang melaporkan bahwa para penyerang menembaki peserta festival yang berada di dalam mobil saat mereka berusaha melarikan diri.

Hingga Minggu, 8 Oktober, layanan penyelamatan Israel Zaka melaporkan sedikitnya 260 mayat di lokasi tersebut.

“Orang-orang bersembunyi di selokan, bersembunyi di semak-semak, bersembunyi di hutan, bersembunyi di mana pun yang bisa kamu pikirkan,” kata Gaster. “Kami mendapat pesan mengerikan dari teman-teman yang mengatakan, 'Tolong bantu kami, mereka menembak orang-orang di sebelah kami.'”

Dia menambahkan, IDF dan pasukan khusus memerlukan waktu beberapa jam untuk tiba di lokasi, meskipun keamanan di acara tersebut berusaha membantu para peserta. Ia juga mengatakan dirinya dan tim di vila tersebut dikirimi lokasi dari berbagai peserta dan mereka mengirimkan lokasi tersebut kepada pemiliknya, yang kemudian turun untuk membantu mereka yang terdampar.

Universo Paralello awalnya tidak dimaksudkan untuk diadakan di situs Re'im, dan penyelenggara memindahkannya ke lokasi ini hanya dua hari sebelum dimulai setelah situs asli di Israel selatan gagal.

“Banyak teman yang masih hilang, dan kami masih belum tahu di mana mereka berada,” pungkas Gaster, seraya memperkirakan masih ada sekitar 600-700 orang yang hilang di pesta tersebut.

“Kami adalah komunitas yang damai, kami adalah komunitas musik, kami melakukannya demi menciptakan kesenangan. Kami hanya ingin menari dan bersenang-senang serta menikmati musik bersama, dan itu berubah menjadi mimpi buruk.”