Bagikan:

JAKARTA - Tria, vokalis The Changcuters mengungkap cerita di balik nama bandnya saat menjadi tamu di kanal YouTube Ferdy Tahier alias Ferdy  Element.

Penyanyi asal Bandung itu mengatakan bahwa penggunaan ‘The’ pada nama band mengikuti tren yang kembali hadir di awal tahun 2000-an.

Tria menyebut band asal New York, Amerika Serikat yang terbentuk pada tahun 1998, The Strokes sebagai salah satu inisiatornya.

“Nah, bahasanya kita dulu, bercandanya kita dulu, 'Udah kita bikin band The The aja yuk', gitu. Pengin lah bikin kayak begitu,” kata Tria, melansir kanal YouTube Ferdy ELEMENT pada Rabu, 13 September.

“Tapi di Indonesia juga lagi banyak tuh, kayak The Brandals, The Sigit dan segala macam,” sambungnya.

Adapun, nama The Changcuters dipilih Tria bersama Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bass) dan Erick (drum) sebagai nama band sejak awal.

Nama bandnya itu, disebut Tria, sempat membuat orang tuanya risih. Pasalnya, nama tersebut dinilai berkonotasi jorok.

“Nyokap gua sempet risih, kenapa namanya The Changcuters,” katanya.

Changcuters sendiri diambil dari nama panggilan teman lama Qibil yang pada saat itu sudah lama tak bertemu.

“Itu nickname dia, temannya Qibil yang namanya Cahaya,” ucap Tria.

Sejak pertemuan kembali Qibil dengan teman lamanya itu, ia dan teman-temannya yang kemudian menjadi personel The Changcuters, memiliki nama panggilan ‘cut’.

Mereka pun menamakan kelompok pertemanan mereka dengan nama Changcuters, yang kemudian dipilih jadi nama band saat debut pada tahun 2004.