Bagikan:

JAKARTA - Kanye West menggugat pengguna Instagram tak dikenal karena diduga membocorkan lagu-lagu miliknya ke platform media sosial tersebut.

Menurut dokumen hukum yang dilihat Billboard, West mengajukan gugatan pada Rabu, 6 September atas pendistribusian musiknya secara tidak sah.

Gugatan tersebut menuduh individu di balik akun populer @DaUnreleasedGod_ has melanggar undang-undang hak cipta dengan membocorkan berbagai lagu milik West antara Maret hingga Agustus 2023.

Lagu-lagu tersebut antara lain kolaborasi dengan DJ Khaled, cuplikan pesta dengar Donda, serta 20 lebih lagu lainnya dengan judul We Did It Kid, Shy Can't Look, NASDAQ, dan Mr. Miyagi.

West dan tim hukumnya belum mengidentifikasi orang atau entitas di balik akun tersebut, tetapi mereka yakin akun tersebut dimiliki seseorang yang sebelumnya pernah bekerja dengan sang rapper.

Jika ini masalahnya, orang tersebut tentunya sudah menandatangani perjanjian kerahasiaan untuk mendapatkan akses ke musik yang belum dirilis, yang berarti membocorkan lagu tersebut berarti pelanggaran kontrak.

Menurut laporan, gugatan tersebut akan diubah dengan memasukkan nama terdakwa ketika mereka diidentifikasi.

“Tergugat, tanpa izin dari West, secara tidak patut membocorkan, menerbitkan, dan mendistribusikan beberapa Komposisi Terdaftar termasuk - namun tidak terbatas - pada yang berikut ini yang terdapat di 'Instagram' dan 'X' (sebelumnya dikenal sebagai Twitter),” bunyi gugatan tersebut.

“… Komposisi musik West, dengan aransemennya yang khas dan unsur-unsurnya yang unik, merupakan rahasia dagang karena nilai ekonominya, kerahasiaannya, dan upaya yang dilakukan untuk menjaganya.”

Pengajuan tersebut juga menyatakan bahwa kebocoran itu menyebabkan “kerusakan besar” pada “pekerjaan, reputasi, dan potensi pendapatan” Kanye dan juga menuding bahwa ia “menderita kerugian dan kerusakan finansial yang signifikan” sebagai akibatnya.

West dilaporkan sedang mencari biaya hukum serta perintah permanen “yang memerintahkan dan menahan Terdakwa dan agen, pelayan, karyawan, perwakilan, perusahaan afiliasi dan entitas bisnis lainnya, penerus, penerima pengalihan, dan mereka yang bertindak bersama dengan mereka atau atas arahan mereka, dari penyalahgunaan lebih lanjut, pengungkapan atau penggunaan yang melanggar hukum atas rahasia dagang atau informasi rahasia dengan cara apa pun atau hak apa pun dalam dan terhadap Komposisi Tercatat, termasuk tanpa batasan dengan secara langsung atau tidak langsung memperbanyak, mengunduh, mendistribusikan, mengomunikasikan kepada publik, mengunggah, menautkan ke, mentransmisikan, mempertunjukkan secara publik, atau mengeksploitasi Komposisi Terdaftar dengan cara apa pun.”