Taylor Swift Cetak Rekor Lewat Album <i>Speak Now (Taylor's Version)</i>
Taylor Swift (Instagram @taylorswift)

Bagikan:

JAKARTA - Taylor Swift sukses menempatkan albumnya di UK Number One untuk kali ke-10. Jumlah penjualan total album Speak Now (Taylor's Version) mengungguli gabungan Top 10 lainnya.

Tangga lagu The Official Single disusun oleh Official Charts Company, berdasarkan penjualan unduhan, CD, piringan hitam, audio streaming, dan video streaming. UK Top 40 disiarkan di BBC Radio 1 dan MTV, Top 100 lengkap diterbitkan secara eksklusif di OfficialCharts.com.

Speak Now (Taylor's Version) sendiri dirilis minggu lalu, 7 Juli, karya terbaru dalam proyek rekaman ulang Swift yang ambisius. Album ini sangat spesial karena berjumlah 22 lagu di mana juga terdapat 6 lagu From The Vault, menampilkan kolaborasi dengan Fall Out Boy dan Hayley Williams dari Paramore.

Istilah From The Vault digunakan Swift untuk menggambarkan kumpulan lagu yang ditulis dan direkamnya selama proses kreatif tahap awal album, tapi belum pernah dirilis.

Lagu-lagu tersebut tidak diceploskan ke dalam album, karena berbagai alasan seperti batasan waktu, preferensi pribadi, atau keputusan yang diambil oleh labelnya.

Swift mengumumkan daftar lagu lengkap Speak Now (Taylor's Version) bulan lalu. Dia mengungkapkan kolaborasi dalam album ini melalui media sosial.

“Karena Speak Now adalah tentang penulisan lagu saya, saya memutuskan untuk pergi ke artis yang menurut saya paling memengaruhi saya sebagai penulis lirik saat itu dan meminta mereka untuk bernyanyi di album ini," tulis Swift saat itu.

"Mereka sangat keren dan dermawan karena setuju untuk mendukung Speak Now versi saya.”

Bersama Castles Crumble dan Electric Touch, album ini menampilkan empat lagu From The Vault lainnya, yakni Foolish One, Timeless, When Emma Falls In Love, dan I Can See You.

Speak Now (Taylor's Version) menandai album ketiganya yang direkam ulang, setelah Fearless (Taylor's Version) dan Red (Taylor's Version) pada tahun 2021.

Sementara itu di tempat lain grafik minggu ini, Wham! mengambil posisi dua dengan album kompilasi The Singles: Echoes From The Edge Of Heaven, sementara Gabriels masuk di posisi tiga dengan Angels & Queens.