Bagikan:

JAKARTA - Damon Albarn mengingat kembali momen saat pertama kali dia menunjukkan demo untuk album baru Blur kepada rekan-rekan bandnya. Albarn mengakui, awalnya dia hanya ingin Graham Coxon yang berada di studio.

Berbicara dalam wawancara baru dengan Zane Lowe untuk Apple Music 1, sang penyanyi-penulis lagu itu mengungkap bagaimana rasanya bersatu kembali dengan Blur dan mulai mengerjakan album baru mereka, The Ballad Of Darren.

Menurut Albarn, dia mulai menulis demo untuk lagu-lagu baru sebelum dia mengumpulkan teman-teman bandnya, tetapi merasa enggan untuk menunjukkan semuanya pada waktu bersamaan.

“Ketika saya menyelesaikan demo ini dan saya merasa saya mendapatkan sesuatu yang membuat saya bersemangat, saya mengajak semua orang ke studio pada Januari tahun ini. Saya hanya mendudukkan mereka dan saya berkata, 'Benar. Inilah yang saya punya. Kalian memilih apa yang ingin kalian gunakan dan kami bergerak maju dari itu',” dia memulai seperti dikutip dari NME, Senin.

“Pada awalnya, saya benar-benar tidak ingin ada orang di studio selain Graham [Coxon] untuk memulai, tetapi dua personel lainnya berkata, 'Tidak. Kami ingin tinggal di sini jika tidak apa-apa '… dan mereka melakukannya,” tambahnya. "Apakah kamu tahu? Itu benar-benar yang terbaik. Itu adalah hal terbaik…Hadiah dari semua orang yang bermain bersama adalah salah satu yang saya akui sebagai yang terbesar. Anda harus membuatnya tetap nyata.

Dalam wawancara tersebut, dia juga menjelaskan bahwa keengganan awal untuk menunjukkan kepada semua anggota sekaligus berasal dari dia yang terbiasa bekerja "sendiri" dan gagasan untuk bekerja dengan banyak orang secara bersamaan adalah sesuatu yang masih dia coba.

Di tempat lain, Albarn juga merefleksikan single terbaru yang diambil dari album mendatang, yakni lagu St. Charles Square yang tiba pada 29 Juni kemarin.

“(Lagu) ini memiliki atmosfer yang luar biasa. Semua orang bermain sangat baik dalam hal itu,” katanya. “Semuanya benar-benar terasa seperti kita berada di suatu tempat di tahun 1992 - sesuatu seperti itu, '92, '93. Kami baru saja kembali!

“Saya sudah bermain dengan mereka sejak saya masih kecil,” tambahnya. “Jadi untuk dapat memetakan perjalanan konyol dari remaja menjadi lima tahun dari usia 60 itu cukup… Agak aneh tapi luar biasa pada saat yang sama, Luar biasa.”

The Ballad Of Darren akan menjadi album studio kesembilan Blur, dan album penuh pertama sejak The Magic Whip (2015).