Bagikan:

JAKARTA - Rekaman penuh paling awal dari The Beatles yang memainkan pertunjukan langsung di Inggris ditemukan hampir tepat 60 tahun setelah dibuat.

Seperti dilaporkan BBC News, Rabu, rekaman kaset seperempat inci berdurasi satu jam itu dibuat oleh John Bloomfield di sekolah berasrama Stowe di Buckinghamshire pada 4 April 1963 ketika Fab Four tampil di sana.

Bloomfield, yang kini berusia 75 tahun, baru berusia 15 tahun saat itu. Ia mengungkapkan keberadaan rekaman itu saat jurnalis Samira Ahmed mengunjungi Stowe untuk membuat program khusus untuk Front Row dari Radio 4 untuk menandai ulang tahun ke-60 pertunjukan tersebut.

“Itu adalah pertunjukan Beatles yang unik, dilakukan di depan penonton yang hampir seluruhnya laki-laki,” tulis Ahmed tentang penemuan tersebut. “Dan yang terpenting, meskipun sorak-sorai keras dan teriakan, rekaman itu tidak tenggelam oleh reaksi penonton.”

Setlist dalam rekaman itu terdiri dari lagu-lagu dari album debut The Beatles Please Please Me, yang dirilis pada 22 Maret 1963, serta beberapa versi cover R&B grup legendaris tersebut.

Lagu I Saw Her Standing There dibawakan secara langsung sebelum band beralih ke lagu Chuck Berry tahun 1956 Too Much Monkey Business. Mereka juga terdengar menerima permintaan dari siswa, dan bercanda di antara mereka sendiri di sela-sela trek.

Bagian dari rekaman bersejarah itu diputar di Front Row edisi 3 April malam.

Ahmed dan sejarawan Beatles Mark Lewisohn adalah satu-satunya orang yang mendengar rekaman lengkap setelah Bloomfield setuju untuk memainkannya untuk kali pertama sejak dibuat enam dekade lalu.

“Kesempatan yang disajikan rekaman ini, yang benar-benar tiba-tiba, sangat fantastis karena kami mendengar [The Beatles] tepat di puncak terobosan menuju ketenaran dunia yang lengkap,” kata Lewisohn kepada BBC. “Dan pada saat itu, semua rekaman penonton diselimuti teriakan.

“Jadi, inilah kesempatan untuk mendengarkan mereka di Inggris, di lingkungan di mana mereka dapat didengar dan di mana rekaman itu benar-benar menangkap mereka dengan baik, pada saat mereka juga dapat bercanda dengan penonton.”

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa rekaman itu berisi "rekaman yang sangat penting", menambahkan: "Saya berharap sesuatu yang baik dan konstruktif dan kreatif pada akhirnya akan terjadi."

Lewisohn mengatakan dia bahkan tidak menyadari rekaman itu ada, "dan saya pikir saya harus bangkit dari lantai".