Kaset Beatles yang Hilang akan Direstorasi dan Diserahkan ke Lembaga Budaya Nasional
The Beatles (Instagram @thebeatles)

Bagikan:

JAKARTA - Rekaman lengkap pertunjukan The Beatles yang paling awal akan dirstorasi dan diberikan kepada "lembaga budaya nasional" di Inggris.

Awal pekan lalu, 4 April, diberitakan bahwa rekaman itu telah ditemukan hampir tepat 60 tahun sejak hari pembuatannya.

Rekaman kaset seperempat inci sepanjang satu jam dibuat oleh John Bloomfield di sekolah berasrama Stowe di Buckinghamshire pada tanggal 4 April 1963, ketika The Beatles melakukan pertunjukan di sana.

Bloomfield, yang kini berusia 75 tahun, baru berusia 15 tahun saat itu. Dia mengungkapkan keberadaan rekaman itu kepada jurnalis Samira Ahmed yang mengunjungi Stowe ketika mereka membuat program khusus untuk Front Row-nya Radio 4 untuk menandai ulang tahun ke-60 pertunjukan tersebut.

Sekarang, ada rencana untuk merestorasi kaset lama tersebut, yang berisi pertunjukan berdurasi penuh dan menyertakan segmen kata yang diucapkan dari The Beatles saat mereka berinteraksi dengan penonton.

“Pembicaraan sedang dilakukan untuk membersihkan [rekaman itu] dan untuk rumah permanen di lembaga budaya nasional,” kata Ahmed kepada The Observer.

"John [Bloomfield] sangat yakin bahwa itu tidak boleh berakhir, seperti yang dimiliki oleh begitu banyak relik Beatles, di lemari besi individu pribadi."

“Itu adalah pertunjukan Beatles yang unik, dilakukan di depan penonton yang hampir seluruhnya laki-laki,” tulis Ahmed tentang penemuan tersebut baru-baru ini. “Dan yang terpenting, meskipun sorak-sorai keras dan teriakan, rekaman itu tidak tenggelam oleh reaksi penonton.”

Setlist-nya terdiri dari lagu-lagu dari album debut The Beatles Please Please Me, yang dirilis pada 22 Maret 1963, serta beberapa versi cover R&B grup legendaris tersebut.