Bagikan:

JAKARTA - Budiraya kembali hadir dengan single baru bertajuk Mariana yang disebar di berbagai layanan digital streaming pada 24 Maret lalu.

"Hai, per kemarin (24 Maret 2023), setelah proses yang panjang, kami merilis juga single terbaru (akhirnyaa…)," tutur mereka melalui Instagram.

"Silahkan menuju platform digital kesayangan anda!"

Menurut keterangan tertulis yang diterima redaksi, lagu ini menjadi pijakkan baru untuk karier mereka sebagai sebuah grup musik. Sebab, berbeda dengan album mini Malaka sebelumnya, kali ini mereka hadir dengan formasi dan eksperimen baru.

Di antaranya yakni Fazrin Mustakin (gitar dan vokal), Hadi Permana (bass dan vokal latar), Teguh Sulistyo (gitar dan vokal), Anggi Rambe (gitar dan vokal latar), Rahmad Arifin (drum dan vokal latar), dan Hary Hutajulu (kibor dan vokal latar). Sehingga, mereka memiliki energi kreatif baru dalam proses penggarapan karya.

Ketiga personel baru tersebut bukanlah sebuah nama baru di kancah musik nasional. Anggi Rambe merupakan mantan gitaris Skalie dan peniup trompet MyGosh, kemudian Rahmad Arifin merupakan drumer Sentimental Moods dan mantan drumer Skalie, terakhir Hary Hutajulu adalah seorang multi-instrumentalis sekaligus produser.

Ketiganya turut mencoba beberapa hal baru dari segi teknis dalam lagu ini. Sebut saja seperti membuat sampling analog delay dari stomp box, memasukkan emulasi suara pads & pizzicato violin, menggabungkan suara telecaster dan stratocaster dalam satu track, dan lain-lain.

Sehingga, dengan pengembangan karya dari sisi teknis dan alat, mereka berharap langkah baru ini mampu bergulir bagaimanapun nanti ke depannya.

Sebagai informasi, sejumlah nama yang terlibat dalam penggarapan lagu ini yaitu Hessa Bastian (mixing-mastering), Fazrin Mustakin (notasi, lirik, aransemen), Teguh Sulistyo (produser), dan Hadi Permana (aransemen).

Semua proses itu direkam di Studio P35, sebuah studio langganan mereka di BKT, bilangan Jakarta Timur, milik dari saksoponis dari Sentimental Moods, Yuri Farchan, yang sekaligus bertindak sebagai sound engineer juga.